Senin, 21 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Defisit Sulit Dijaga Jika Harga Minyak Mentah Naik Terus

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Defisit Sulit Dijaga Jika Harga Minyak Mentah Naik Terus
Jul 21st 2014, 04:01

Senin, 21 Juli 2014 11:01 wib | Selfiani Hasanah - Okezone

Ilustrasi minyak mentah. (Foto: Reuters)Ilustrasi minyak mentah. (Foto: Reuters) JAKARTA - Pemerintah harus menerbitkan berbagai instrumen surat utang ataupun melakukan pinjaman untuk menutup kekurangan dalam pembiayaan APBN 2014. Pasalnya, defisit yang terjadi semakin membesar.

"Akan sulit membatasi defisit sehingga hanya 2,4 persen dari pertumbuhan domestik bruto (PDB), seperti yang diproyeksikan dalam APBN-P 2014, terutama jika harga minyak terus meningkat," jelas ekonom utama Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop, saat ditemui di Jakarta, Senin (21/7/2014).

Dia mengatakan, yang dapat memperbaiki kualitas belanja adalah pengurangan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, dia juga menyoroti pencapaian pajak yang masih belum maksimal.

"Langkah-langkah yang dapat memperbaiki kualitas belanja melalui pengurangan subsidi BBM dan mencegah penurunan lebih lanjut dalam pendapatan pajak dan non-pajak, akan dapat mengurangi tekanan defisit," tambahnya.

Sekadar informasi, besaran kuota konsumsi BBM yang telah ditetapkan pemerintah hingga akhir tahun ini terancam jebol. Batas 46 juta kilo liter (kl) tahun ini dikabarkan hanya akan mencapai 19 Desember 2014 nanti.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, pemerintah sudah tidak memiliki ruang lain selain mengupayakan terjaganya konsumsi BBM pada besaran kuota tersebut. Jika sampai jebol, penanggulangannya sangat tergantung pemerintahan baru nanti. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions