Senin, 21 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Lebaran, BRI Siapkan Duit Tunai Rp 25,5 Triliun

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Discover Business Apps

Top 25 most popular web-based apps for small business on the GetApp marketplace
From our sponsors
Lebaran, BRI Siapkan Duit Tunai Rp 25,5 Triliun
Jul 21st 2014, 02:02

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan dana Rp 25,5 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai menjelang Lebaran. Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria mengatakan dana tersebut akan disebar melalui kantor-kantor cabang dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik BRI di seluruh Indonesia. (Baca: Jelang Lebaran, Pedagang Uang Baru Padati Terminal)

"Dana tunai ini akan kami siagakan di sebanyak 540 kantor cabang sebesar Rp 7,56 triliun dan ke 19.164 ATM sebesar Rp 17,937 triliun di seluruh Indonesia," ujar Budi melalui keterangan resmi, Senin, 21 Juli 2014

Dana tunai tahun ini mengalami kenaikan 7 persen dari Lebaran tahun lalu. Harapannya, dana tersebut dapat mencukupi kebutuhan masyarakat mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. (Baca: Selain Dibelanjakan, THR Sebaiknya Ditabung)

Meski Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi akan mengalami eksodus karena ditinggalkan para pemudik, BRI tetap menyiapkan dana tunai yang memadai di Ibu Kota. BRI akan memasok dana Rp 1,232 triliun ke 88 kantor cabang di Jabodetabek.

Selain kantor cabang, ATM di Jabodetabek akan mendapat pasokan dana Rp 5,090 triliun. Dengan demikian, untuk wilayah ini, total tersedia dana tunai dari BRI sebesar Rp 6,322 triliun. "Tahun ini pasokan naik Rp 348 miliar atau sebesar 6 persen," ujar Budi. (Baca: Mudik, Tol Cikampek Siapkan Recehan Rp 1,23 Miliar)

Kenaikan tersebut dengan memperhitungkan tingkat kebutuhan dana tunai masyarakat. Asumsinya, kebutuhan kas harian kantor cabang dan unit kerja (KCP dan unit) yang rata-rata Rp 1 miliar per hari mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Tak hanya itu, BRI akan melakukan pengisian ATM sebanyak empat kali sepekan. "Kalau hari biasa, hanya dua kali sepekan," tuturnya. (Baca: Jelang Lebaran, TKI Kirim 500 Juta Per Hari)

ANANDA PUTRI

Terpopuler:
Satu Lagi Situs Real Count Selain Kawalpemilu.org
Jokowi Segera Sambangi Markas Partai Pro-Prabowo
MH17 Diduga Alihkan Rute untuk Hindari Badai
1988, Militer AS Juga Salah Tembak Pesawat Iran
Jembatan Comal Ambles, Kapal Roro Dikerahkan

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions