Selasa, 15 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Harga Batu Bara di Cina Anjlok

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
At Home Yoga Retreat

Everything you need to enjoy a weekend yoga retreat in your own home!
From our sponsors
Harga Batu Bara di Cina Anjlok
Jul 15th 2014, 00:55

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta -Patokan harga batu bara thermal Cina turun ke level terendah sejak tujuh tahun terakhir. Anjloknya harga antara lain disebabkan oleh melimpahnya stok di tengah melambatnya perekonomian dalam negeri Cina.

Harga batu bara dengan nilai energi 5.500 kilokalori per kilogram di pelabuhan Qinhuangdao, turun menjadi 500 yuan atau setara US$ 80,60 per metrik ton. "Berdasarkan data dari China Coal Transport and Distribution Association (CCDA) di Beijing, itulah harga terendah sejak Desember 2007," demikian diberitakan Bloomberg.

Penurunan harga batu bara tersebut disebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi di Cina sehingga mengekang konsumsi batubara thermal di negeri tirai bambu itu. Pasalnya Cina merupakan pengguna batu bara terbesar di dunia untuk kebutuhan pembangkit listrik dan pelabuhan. Kini, stok batu bara di pelabuhan Qinhuangdao meningkat menjadi 7,34 juta ton dari persediaan pekan lalu yang sekitar 233.000 ton.

"Harga batu bara mungkin tidak akan pulih hingga September, mengingat puncak penggunaan listrik di Cina telah mengurangi stok batu bara untuk pembangkit listrik," tulis Bloomberg.

Harga terendah batu bara di Cina itu ternyata masih lebih baik dibandingkan harga di Indonesia. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, harga acuan (HBA) per Mei 2014 ialah US$ 73,6 per ton. Banderol itu merupakan harga acuan, namun harga patokan batu bara (HPB) Marker dengan merk dagang Prima Coal telah menyentuh harga US$ 79,41 per ton.

RAYMUNDUS RIKANG R.W


Berita Terpopuler

Mubarok Beberkan 'Bom' Uang di Kongres Demokrat
Juru Parkir Monas yang Dibakar Tentara Meninggal
Rahasia Kecantikan Angelina Jolie Terungkap
Goetze: Mimpi Kami Jadi Kenyataan

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions