Selasa, 01 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: 16.200 Motor dan 25.800 Penumpang Mudik Gratis

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Speed up your App

New Relic is the leader in Web and Mobile app performance. Don't let your users suffer from a slow site. Deploy today and get your Nerd Life shirt free!
From our sponsors
16.200 Motor dan 25.800 Penumpang Mudik Gratis
Jun 30th 2014, 20:30

16.200 Motor dan 25.800 Penumpang Mudik Gratis

Kapal perang KRI Banda Aceh 593 yang diperbantukan untuk angkutan mudik gratis menuju semarang di Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (4/8). Angkutan kapal gratis ini diharapkan dapat mengurangi beban mudik lewat darat dan menekan angka kecelakan. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan menyiapkan kereta api, kapal, bis, dan truk untuk mengangkut ribuan penumpang dan motornya. Juru bicara Kementerian Perhubungan, Julius Adravida Barata mengatakan, pemerintah akan mengangkut 25.800 penumpang dan 16.200 motor tanpa dipungut biaya.

"Kursinya gratis, motornya juga diangkut gratis," kata Barata di Jakarta, Senin 30 Juni 2014.

Kemenhub membuka pendaftaran angkutan gratis ini pada 1-16 Juli 2014. Sebelumnya, Kemenhub telah menggelar pendaftaran mudik gratis penumpang dan angkut motor gratis pada Mei lalu. Namun, kuota 6.300 angkutan motor dengan kereta api belum terisi sepenuhnya sehingga dibuka lagi di kloter ini. "Peminat mudik gratis dengan kereta sudah penuh dan terpusat di hari ramai, namun masih ada kuota untuk angkut motor saja," ujar Barata. (Baca:Posko Mudik Motor Gratis Dipadati Calon Pemudik)

Barata menyebutkan terdapat 6 ribu motor yang bisa diangkut dengan kereta api. Selain itu, ada 48 truk dan 96 bis yang disediakan untuk mengangkut 4.800 penumpang dan 2.400 motor. Kuota ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.716 motor dan 3.474 penumpang.

Sementara itu, untuk angkutan mudik dengan kapal, Kemenhub menyediakan dua kapal laut dan dua kapal ro-ro. Kapal laut diberangkatkan dari Tanjung Priok ke Tanjung Mas (Semarang),dan Tanjung Priok ke Pelabuhan Panjang (Lampung) yakni pada 24 dan 26 Juli 2014."Kapasitas angkutan dengan kapal fery bisa 6 ribu sepeda motor, dan 12 ribu penumpang," kata Barata.

Tak hanya itu, kapal ro-ro juga akan berangkat dari Tanjung Priok tujuan Cirebon pada 23 dan 25 Juli 2014, dan kapal tujuan Tegal berangkat pada 24 dan 26. Kedua kapal ini bisa mengangkut 1.500 sepeda motor, dan 3 ribu penumpang. (Baca:Tiket Mudik Sepeda Motor H-3 Sudah Ludes)

"Upaya ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan sepeda motor saat mudik.Menggunakan sepeda motor untuk mudik sangat riskan," kata Barata.

PUTRI ADITYOWATI

Terpopuler:
Titiek: Keluarga Cendana 100% Dukung Prabowo-Hatta

Politikus Ini Masih Sakit Hati kepada Demokrat

Gunung Sinabung Meletus, Tidak Ada Korban Jiwa

Manusia Takut Pada Sesuatu yang Mendekat

Mark Wahlberg Tertekan Bintangi Transformers

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions