Rabu, 23 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Pembiayaan Mikro, Bank Syariah Bukopin Incar Pensiunan PNS

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Pembiayaan Mikro, Bank Syariah Bukopin Incar Pensiunan PNS
Jul 23rd 2014, 02:29

Rabu, 23 Juli 2014 09:29 wib | Widi Agustian - Okezone

Pembiayaan mikro, Bank Syariah Bukopin incar pensiunan PNS. (Foto: BSB)Pembiayaan mikro, Bank Syariah Bukopin incar pensiunan PNS. (Foto: BSB) JAKARTA - PT Bank Syariah Bukopin (BSB) mulai fokus menggarap pembiayaan sektor mikro secara langsung  pada semester kedua tahun ini. Tentunya, strategi ini juga didorong oleh kebijakan regulator (BI) yang mewajibkan bank menyalurkan pembiayaan ke sektor UMKM minimal 20 persen dari total pembiayaan yang ada.

"Kami sebenarnya telah menyaluran pembiayaannya di mana sudah didominasi oleh sektor UKM hampir sebesar  90 persen, namun belum menggarap secara khusus ke sektor mikro secara langsung," ungkap Direktur Utama Bank Syariah Bukopin Riyanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/7/2014).

Riyanto menjelaskan,  teori dasar high profit high risk juga berlaku di sektor pembiayaan mikro. Oleh karena itu,  BSB selektif dalam memilih target market mikro, di mana risiko-risiko dapat diidentifikasi, diukur dan dimitigasi. Pembiayaan kepada para pensiunan PNS, TNI dan POLRI adalah salah satu produk pembiayaan mikro yang mempunyai potensi bisnis besar dengan tingkat risiko yang relatif rendah sepanjang mitigasi risikonya ditangani dengan baik.

"Sumber pengembalian kewajiban nasabah berasal dari pemotongan manfaat pensiun bulanan yang diterima (fix income) yang ada di rekening tabungan nasabah di BANK yang ditunjuk. Dalam hal ini, Bank Bukopin sebagai Bank Induk BSB adalah salah satu bank pembayar manfaat pensiun (juru bayar)," ujarnya.

Dalam pelaksanaannya bisnis mikro ini tidak lepas dari kerjasama kemitraan strategis dimana antara pihak saling memberikan peran penting dalam implementasi pelayanan pembiayaan kepada para pensiunan.

"Kita sadari saat ini masih memiliki keterbatasan jaringan dan SDM, sehingga memerlukan mitra untuk menyalurkan produk pembiayaan ini. Kemitraan strategis ini membuka peluang bisnis mikro pembiayaan pensiunan semakin terbuka," jelasnya. (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions