Sabtu, 31 Mei 2014

Home » Tempo.co News Site: XL Siap Hadapi Traffic Lebaran

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Mobile App Design from scratch.

A step by step guide to learn how to design a great mobile app.
From our sponsors
XL Siap Hadapi Traffic Lebaran
May 30th 2014, 19:31

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Digital Sevices XL, Dian Siswarini, menyatakan XL siap menghadapi beban traffic data yang akan terjadi jelang puasa dan lebaran. "Kami sudah persiapan jauh-jauh hari, baik penambahan kapasitas jaringan, maupun perawatan jaringan yang sudah ada" katanya saat dihubungi Tempo, Jumat, 30 Mei 2014.

Persiapan yang dilakukan XL adalah menambah kapasitas jaringan, baik penambahan kanal voice atau data, hingga penambahan unit BTS. "Biasanya yang ditambahkan itu cukup kanalnya, tapi kalau perlu bisa menambah BTS juga," katanya. Biaya penambahan BTS bisa mencapai US$ 100 ribu.

Jelang lebaran, kata Dian, traffic paling berat terjadi di sepanjang jalur mudik dan kota-kota di Pulau Jawa. Untuk wilayah Jakarta malah sepi. Rata-rata penambahan traffic pada puasa dan lebaran bisa mencapai 20 hingga 30 persen. (Baca: Jaringan Jeblok, Telkomsel Diminta Beri Kompensasi)

Perubahan tren yang terjadi di masyarakat juga sangat mempengaruhi traffic yang dialami operator-operator Indonesia. "Lima tahun lalu tren lebaran kan SMS ucapan, trafficnya berat di situ. Sedangkan 3 tahun belakangan trennya update status dan upload foto, sehingga trafficnya berganti ke data," ujarnya.

Dian menyatakan sepanjang pekan ini XL juga tak mengalami kelebihan beban karena tingginya aktivitas pelanggan pada beberapa hari libur ini. "Kami baik-baik saja kok. Belum ada komplain sejauh ini," katanya.

Masalah kelebihan beban traffic pada hari libur, 27 dan 29 Mei 2014 dialami oleh Telkomsel. Sepanjang Kamis kemarin, 29 Mei 2014, pelanggan mengeluhkan jaringan data Telkomsel yang tersendat. Telkomsel berdalih hal itu terjadi karena kelebihan beban pengguna pada tanggal merah tersebut. (Baca: Banyak Hari Libur, Layanan Data Telkomsel Jeblok)

INDRIMAULIDAR

Terpopuler:
Didit Hediprasetyo, Putra Prabowo yang Mendunia

Kivlan Zein Ancam Adukan Komnas HAM ke Ombudsman

Scout Willis Topless di Jalanan New York 

Dukung Jokowi-JK, Solihin: Ingin Pemerintah Bersih 

Umat Katolik di Sleman Diserang Kelompok Bergamis

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions