Jumat, 30 Mei 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Terusan Panama, Pembelah Dua Benua yang Telan 30 Ribu Nyawa

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
Terusan Panama, Pembelah Dua Benua yang Telan 30 Ribu Nyawa
May 30th 2014, 13:46, by Siska Amelie F Deil

Liputan6.com, Jakarta - Terkenal sebagai pembelah dua benua, terusan Panama kini telah berusia 100 tahun. Usia itu memang tak sebanding dengan rencana pembangunannya yang berusia 400 tahun sejak dicetuskan pada 1513 oleh Raja Spanyol.

Sama seperti fungsi terusan lainnya, jalur perairan yang berpusat di Panama ini digunakan sebagai lintasan kapal barang. Namun karena lebar terusan ini cukup sempit, kapal tangki raksasa dan kapal induk tak akan bisa melewatinya.

Tak heran, kapal-kapal yang mampu melintasinya dikenal dengan sebutan `Panamaz`. Namun itu semua hanya terjadi hingga 2006, saat rencana perluasan terusan disetujui pemerintah. Pintu air super lebar juga dibangun di hulu dan hilir terusan.

Dibalik kegagahan dan fungsinya bagi perekonomian global, masa pendirian yang memakan waktu 10 tahun, terusan Panama telah menelan sedikitnya 30 ribu korban jiwa.

Meski pembangunannya menelan waktu hanya 10 tahun, tapi konsepnya telah dilahirkan sejak 34 tahun sebelumnya.

Bagaimana sejarah pembangunan dan apa saja fungsi dari Terusan Panama? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Geography.about.com, Canal Museum, dan situs resmi Canal de Panama, Jumat (30/5/2014):

(Nurmayanti) ;

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
Panama Canal 1.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions