Jumat, 30 Mei 2014

Home » Tempo.co News Site: Astra Otoparts Siap Tampung Relokasi dari Thailand

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Discover Business Apps

Top 25 most popular web-based apps for small business on the GetApp marketplace
From our sponsors
Astra Otoparts Siap Tampung Relokasi dari Thailand
May 29th 2014, 20:31

Berita Terkait

TEMPO.CO , Jakarta - Emiten komponen otomotif, PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) mengatakan siap menampung jika terjadi relokasi industri komponen otomotif dari Thailand akibat adanya krisis politik di negara itu. Direktur Astra Otoparts, Robby Sany mengatakan jika ada relokasi ke negara lain, setidaknya investor membutuhkan tiga syarat.

Syarat yang pertama adalah adanya mitra lokal yang memiliki kapasitas mumpuni. Kemudian syarat kedua adalah adanya pasar dan terakhir adalah jaringan. "Apalagi jaringan kami lewat Astra Group sudah cukup banyak," kata Robby saat dihubungi, Rabu, 29 Mei 2014. Astra Otoparts, kata Robby, saat ini memiliki sekitar 12 ribu gerai penjualan di Jawa dan Bali. (Baca juga : Perusahaan Thailand Jajaki Investasi di Indonesia)

Krisis yang terjadi di Thailand saat ini menurut Robby mirip dengan banjir besar pada 2011 lalu di Thailand, namun kondisi saat itu lebih parah. berkaca dari pengalaman tersebut para investor di Thailand mulai menempatkan produksinya di negara lain selain Thailand. "Jadi lebih tepatnya bukan relokasi, tapi penyeimbangan jumlah produksi," kata Robby.

Menurut Robby, produksi otomotif di Thailand sebenarnya tak ada pengurangan, namun ketika ada penambahan permintaan saat ini para investor akan mengalihkan produksi tersebut ke negara lain seperti Indonesia. Hal ini akan berdampak pada kemungkinan adanya alokasi investasi tambahan bagi industri di tanah air. Adapun industri komponen otomotif biasanya akan mengikuti tren tersebut. (Lihat juga : Honda Akan Relokasi dari Thailand ke Indonesia?)

Robby mengatakan produksi kendaraan roda empat di Thailand dari dulu memang dua kali lipat dari Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya dukungan besar dari pemerintah setempat. Namun dari segi pasar mereka cenderung relatif kecil, sebab lebih dari separuh produksi mereka diekspor ke luar negeri. (Berita terkait : MS Hidayat : Dua Pabrikan Otomotif Akan Relokasi)

Untuk diketahui, krisis politik di Thailand pekan lalu semakin memanas dan terjadi kudeta militer atas pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Kini negara itu dipimpin oleh militer.

FAIZ NASHRILLAH

Terpopuler :
Pembangunan Smelter Freeport Dimulai di Kuartal II 

Cadbury Berbabi, Muslim Indonesia Diminta Waspada 

Pelindo Investasi Rp 80 Miliar untuk Tanjung Wangi

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions