Sabtu, 31 Mei 2014

Home » Metrotvnews.com Syndication: Abu Vulkanik Meningkat, Warga NTB Butuhkan Masker

,
Metrotvnews.com Syndication
Indonesian News Video Portal 
Helpdesk Ticketing System

Award-winning helpdesk system with an inbuilt KBase, forums, canned responses & more. Try super user friendly Freshdesk today. (In 2 minutes, You'll set it up!)
From our sponsors
Abu Vulkanik Meningkat, Warga NTB Butuhkan Masker
May 31st 2014, 14:53

Al Abrar - 31 Mei 2014 21:53 wib
Foto: ANT

Foto: ANT

Metrotvnews.com, Jakarta: Meningkatnya aktivitas Gunung Sangeang Api di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), masih terus meningkat. Pada Sabtu (31-5-2014) telah terjadi 2 kali letusan yang cukup besar yaitu pukul 01.30 Wita dan 10.42 Wita. Kondisi di Kec Wera, Kab Bima gelap tertutup abu vulkanik. Abu vulkanik juga menyebar hingga Kab. Manggarai Barat, Manggarai, dan Sumba Timur Prov NTT. Masyarakat di Kec Wera sempat evakuasi ke bukit-bukit karena adanya isu tsunami.
 
135 jiwa warga yang sedang berkebun di Pulau Sangeang telah berhasil dievakuasi ke Sangeang Darat. Tidak ada korban jiwa dan pengungsi hingga saat ini. 7.328 jiwa (1.748 KK) dari 4 desa yang berjarak 8 km dari Gunung Sangeang Api yaitu Desa Sangeang, Oitoi, Tadewa, dan Langgasolo terkena hujan abu yang cukup parah.

"Daerah lain di Kab Bima yang terkena hujan abu adalah Kec Wera, Sape, Ambalawi dan Kota Bima,"ujar Kepala Pusat data Informasi dan Humas (badan Nasional Penagggulangan Bencana nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (5/31/2014) malam.

Meski BPBD Bima dan BPBD NTB telah mendistribusikan 15.200 masker kepada masyarakat Bima. Persediaan masker di apotik dilaporkan telah habis sehingga dibutuhkan bantuan dari luar.

Untuk itu masyarakat dihimbau mengurangi aktivitas di luar rumah. BPBD, TNI, Polri, PMI, Tagana, SKPD dan Orari telah melakukan penanganan darurat. Minggu (1-6-2014) akan Bupati Bima bersama unsur terkait akan menggelar rakor penanganan dampak letusan Gunung Sangeang Api.

Selain itu kata Sutopo, 22 kec di Kab. Sumba Timur terkena hujan abu. Aktivitas masyarakat terganggu. BPBD Sumba Timur telah mendistribusikan masker dengan jumlah terbatas. Persediaan masker di toko-toko dan apotik juga terbatas. BPBD Sumba Timur tidak memiliki dana siap pakai sehingga telah mengajukan permintaan bantuan kepada BNPB.

(Alb)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions