Jumat, 30 Mei 2014

Home » Tempo.co News Site: Jalur Pantura Siap Dua Pekan Sebelum Lebaran

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Host Unlimited Domains

Unlimited Domains, Unlimited Disk Space and Unlimited Transfer For One Low Price.
From our sponsors
Jalur Pantura Siap Dua Pekan Sebelum Lebaran
May 30th 2014, 11:44

Berita Terkait

TEMPO.CO, Surabaya - Tahun ini jumlah pemudik Lebaran diperkirakan akan mencapai angka 30 juta orang. Sebagian akan melewati jalur Pantura sebagai jalur mudik. Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, menyatakan pemerintah menargetkan perbaikan jalur Pantura rampung dua pekan sebelum Lebaran.

Ditemui seusai mengisi kuliah umum di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Bambang membenarkan bahwa jalur Cikampek-Palimanan masih dalam tahap perbaikan. Jalur inilah yang akan digunakan oleh pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. (Baca: Lebaran, 500 Meter Jalan Pantura Diaspal Per Hari)

"Berdasarkan survei, Jawa Tengah jadi destinasi mudik yang paling disukai," kata dia seusai memberikan kuliah umum pada acara Young Engineers & Scintist Summit 2014 di kampus ITS, Surabaya, Jumat, 30 Mei 2014.

Kementerian Perhubungan juga akan mengerahkan personel polisi dan pegawai Dinas Perhubungan dalam jumlah besar di beberapa titik. Mereka akan membuat pagar betis untuk mengamankan arus mudik yang melewati jalur Pantura.

Bambang menyatakan berdasarkan informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum jalur Pantura sudah akan siap digunakan sebelum arus puncak mudik yakni dua pekan menjelang Lebaran. Untuk itu, ia dan jajarannya beserta Wakil Menteri PU akan memastikan proses perbaikan jalur dari Cikampek-Paliamanan.

"Dalam sepekan atau dua pekan ke depan kami akan langsung ke sana," Bambang menuturkan. (Baca juga: Jalan Pantura Jadi Korban Kelebihan Tonase)

Kementerian Perhubungan juga menyediakan fasilitas mudik gratis bagi pemudik yang hendak menggunakan sepeda motor. Fasilitas tersebut diberikan cuma-cuma demi menekan jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor. 

Keempat fasilitas mudik tersebut adalah kombinasi bus dan truk, kereta api, kapal laut, dan feri roro. Pemudik dan sepeda motornya akan diangkut terpisah dengan moda transportasi yang ada. Bambang menjelaskan, "Pemudik akan dibawa dengan bis sedangkan motornya diangkut dengan truk."

Ia berujar empat fasilitas mudik gratis ini diperkirakan belum mampu mengangkut seluruh pemudik bersepeda motor tahun ini. Namun, diperkirakan cara ini akan cukup efektif untuk mendorong pemudik bersepeda motor mengganti pilihan transportasi mudiknya di masa mendatang. "Ini semua karena kita sayang sama yang bersepeda motor ini," kata dia. 

Tahun ini, jumlah pemudik diramalkan mencapai 30 juta orang. "Ada sekitar 2,5 juta orang yang akan menggunakan sepeda motor," tuturnya.

IHRAM HAMZAH 

Berita utama
Jokowi Ungguli Prabowo di Semua Kantong Massa
Anggito Abimanyu Mundur dari Jabatan Dirjen Haji
Jaksa: Kumpulkan Harta, Anas Ingin Jadi Presiden

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions