Selasa, 08 April 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: RI Pasar Mapan Bagi Investor Jepang

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
RI Pasar Mapan Bagi Investor Jepang
Apr 8th 2014, 07:13, by Septian Deny

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Indonesia menjadi tujuan utama investasi industri Jepang, menggantikan posisi China yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu menjadi tujuan investasi utama industri-industri negeri matahari terbit tersebut.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengatakan, tren pertumbuhan investasi Jepang ke Indonesia sebenarnya terbagi menjadi 2 gelombang.

"Tren pertama yaitu pada sekitar akhir tahun 1980 hingga awal 1990-an. Pada saat itu, menunjukan bahwa Jepang mencari tempat produksi murah, barangnya diekpor kembali untuk pasar yang lebih mapan," ujar Lutfi saat menghadiri Peresmian Pabrik ke-2 PT Kawasaki Motor Indonesia di Kawasan Industri MM 2100, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/3/2014).

Sedangkan tren investasi Jepang di Indonesia saat ini mengalami perubahan, yaitu dengan tujuan untuk bisa mempertahankan pangsa pasar dari produk-produk industri Jepang.

"Saat ini ada perubahan investasi Jepang. Kalau dulu investasi di sini untuk mencari production sources yang murah, sekarang butuh untuk bisa survive. Dan Indonesia sudah dianggap sebagai pasar yang mapan," lanjutnya.

Untuk itu, Lutfi mengimbau agar baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk bisa menjaga iklim investasi yang baik di Indonesia sehingga mampu menarik lebih banyak lagi investasi di segala macam sektor produksi.

"Perlu kerjasama bagaimana antara (pemerintah daerah) daerah dan indutri mampu menciptakan nilai tambah sebuah produk dan bagaimana pemerintah menjaga iklim invetasi yang baik, karena bukan hanya untuk rakyat daerah tapi soal martabat bangsa. Jadi harus mampu menciptakan nilai tambah bagi Indonesia," tandasnya.

(Agustina Melani)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
mlutfi.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions