Selasa, 29 April 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Batan Tekno Rayu Bill Gates Bikin Reaktor Nuklir di RI

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Advance your career

Columbia College offers 100% online MBA degrees, allowing you to earn your degree on your time. Get a promotion at work with an MBA.
From our sponsors
Batan Tekno Rayu Bill Gates Bikin Reaktor Nuklir di RI
Apr 29th 2014, 10:35, by Pebrianto Eko Wicaksono

Liputan6.com, Jakarta PT Batan Tekno (Persero) berupaya menarik minat TerraPower, perusahaan nuklir asal Amerika Serikat (AS), untuk mengembangkan sumber energi nuklir di Indonesia.

Direktur Utama Batan Tekno Yudi Utomo Imardjoko mengatakan, perusahaan nuklir yang dimiliki oleh Bill Gates tersebut sedang mengembangkan energi nuklir dengan menggunakan teknologi Traveling Wave Reactor (TWR).

"TWR yang sedang dikembangkan merupakan Generasi ke-4," kata Yudi, saat membuka acara Indonesia Green Infrastruktur, di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Yudi mengungkapkan, perusahaan tersebut saat ini sedang mencari lokasi untuk membangun prototipe teknologi tersebut. Batan Tekno menginginkan teknologi ini diterapkan di Indonesia.

"Bill Gates sedang mencari lokasi untuk membangun prototipe ini. Secara aturan, paling mudah dibangun di Cina, tapi saya lihat bagus juga kalau dibangun di Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, teknologi ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah penggantian bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang dilakukan 60 tahun sekali. Selain itu, teknologi ini menggunakan uranium rendah sehingga bisa digantikan dengan torium yang banyak terdapat di pantai Indonesia.

Dari sisi keamanan, reaktor ini tidak perlu peran manusia jika terjadi kecelakaan, karena di atas reaktor ada kolam air, jadi jika suhu terlalu panas maka kolam akan mengguyur air ke bawah langsung sesuai dengan gaya grafitasi.

" Reaktor akan dingin sendiri tidak perlu manusia pencet tombol, tidak seperti Fukushima, pompanya mati, tidak bisa mengguyur," pungkasnya.

(Arthur Gideon)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
bill-gates.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions