Rabu, 30 April 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Pemerintah Bakal Gelar Razia Mainan Tanpa SNI

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Advance your career

Columbia College offers 100% online MBA degrees, allowing you to earn your degree on your time. Get a promotion at work with an MBA.
From our sponsors
Pemerintah Bakal Gelar Razia Mainan Tanpa SNI
Apr 30th 2014, 09:15, by Fiki Ariyanti

Liputan6.com, Jakarta Setelah melalui proses sosialisasi, pemerintah akan melakukan razia kepada mainan yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan, sesuai dengan aturan yang ada, pada 30 April 2014 ini seluruh produk mainan harus memenuhi SNI.

Namun, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan tidak akan langsung melakukan tindakan kepada produk mainan yang tidak memenuhi SNI.

"Dalam enam bulan ini kami akan memberikan penyuluhan dahulu, termasuk juga kepada Pemeriksa Pegawai Negeri Sipil (PPNS)," jelas Lutfi di sela-sela acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2014 di Jakarta, Selasa (30/4/2014).

Setelah masa penyuluhan selesai, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan juga penegak hukum akan melakukan razia. "Itu persyaratannya, bahwa barang yang beredar itu harus punya SNI, jadi kalau tidak ada SNI, tidak boleh beredar," jelasnya.

Menurut Lutfi, tak ada kompensasi apapun bagi para pegadang yang terkena razia. "Ini bukan masalah kompensasi atau insentif, ini peraturan ya harus dijalankan," tambahnya.

Pemberlakuan aturan mainan wajib berlabel SNI tersebut untuk melindungi konsumen mainan. Oleh karena itu, aturan itu berlaku tidak hanya bagi mainan yang diproduksi di Indonesia saja tetapi juga mainan yang diimpor.

Beberapa ketentuan yang diberlakukan dalam aturan SNI ini antara lain mainan anak tidak boleh memiliki tepi yang tajam, mainan anak tidak boleh mengandung bahan yang dikategorikan formalin dan harus memiliki petunjuk yang jelas.

(Arthur Gideon)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
mainan anak.JPG
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions