Senin, 05 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Penjualan ritel di zona euro Juni anjlok

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Penjualan ritel di zona euro Juni anjlok
Aug 5th 2013, 12:22

Penjualan ritel di zona euro Juni anjlok

Senin,  5 Agustus 2013  −  19:22 WIB

Penjualan ritel di zona euro Juni anjlok

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Penjualan ritel di zona euro pada Juni 2013 jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga bulan akibat lemahnya pengeluaran rumah tangga.

Bank Sentral Eropa (ECB) berharap peningkatan secara bertahap pada akhir tahun ini dalam kesehatan 17 negara anggota mata uang tunggal euro, yang kemungkinan akan didorong ekspor dan suku bunga rendah.

Badan statistik Uni Eropa Eurostat melaporkan, Perancis melawan tren dengan laporan peningkatan. Tapi, untuk blok secara keseluruhan volume perdagangan ritel jatuh secara luas sejalan dengan perkiraan sebesar 0,5 persen pada bulan ini, menyusul kenaikan 1,1 persen direvisi pada Mei.

Penjualan ritel turun 0,9 persen pada 2013, dari prediksi penurunan 1,2 persen oleh para ekonom yang disurvei Reuters, setelah direvisi naik 0,3 persen pada Mei.

Pembeli di zona euro pada Juni menghabiskan lebih banyak uang untuk bahan bakar kendaraan bermotor, tapi itu tidak cukup untuk mengimbangi penurunan 0,6 persen dalam pengeluaran makanan, minuman dan tembakau, serta penurunan 0,2 persen dalam pembelian barang-barang non-makanan, seperti elektronik, pakaian dan sebagainya.

Blok terbesar ekonomi Jerman melihat penurunan bulanan 1,5 persen dalam penjualan ritel pada Juni, penurunan terbesar sejak Desember tahun lalu, dan volume penjualan di Spanyol turun 0,8 persen.

Prancis, ekonomi terbesar kedua di blok itu, mencatat kenaikan 0,6 persen, setelah melompat 1,6 persen pada Mei.

Di seluruh Eropa, rumah tangga masih terbelit krisis keuangan global pada 2008/2009 dan zona euro berada dalam resesi terpanjang sejak pembentukan euro pada 1999.

Lemahnya pengeluaran konsumen merupakan masalah bagi ECB, yang menurunkan suku bunga utama ke rekor terendah 0,50 persen pada Mei, dan mengatakan, akan mempertahankan suku bunga rendah untuk membantu pemulihan mendapatkan traksi.

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions