Kamis, 01 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Garuda tunda buka rute penerbangan ke London

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Garuda tunda buka rute penerbangan ke London
Aug 1st 2013, 04:23

Garuda tunda buka rute penerbangan ke London

Heru Febrianto

Kamis,  1 Agustus 2013  −  11:23 WIB

Garuda tunda buka rute penerbangan ke London

Ilustrasi

Sindonews.com - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) terpaksa menunda penerbangan ke London sebagai akibat dari keterbatasan kemampuan landasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, akibat tingkat kekerasan landasan bandara Soekarno Hatta belum memenuhi standar tingkat kekerasan yang diperlukan untuk pengoperasian pesawat Boeing 777-300ER dengan kapasitas muatan penuh, maka Garuda terpaksa menunda pelaksanaan penerbangan ke London yang semula telah dijadwalkan mulai 2 November 2013.

Untuk beroperasi secara full capacity melayani penerbangan langsung Jakarta-London (nonstop) dengan mengangkut 314 penumpang (8 first class, 38 business class, 268 economy class) dan kargo sebanyak 11 ton (maximum take-off weight seberat 351.534 kg), maka pesawat B 777-300ER memerlukan kekerasan landasan (pavement classification number/PCN) 132 R/D/W/T, sedangkan saat ini PCN landasan di Soekarno-Hatta hanya 120 R/D/W/T.

"Dengan kondisi landasan seperti itu, maka akan terjadi restricted take-off weight sebesar 329.365 kg. Artinya, Garuda Indonesia harus mengurangi 39 penumpang dan tidak memungkinkan mengangkut kargo pada setiap penerbangan yang mengakibatkan Garuda Indonesia akan mengalami kerugian menyolok," kata Emir dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (1/8/2013).
 
Di samping itu, jika Garuda tetap melaksanakan penerbangan dari Jakarta ke London dengan melakukan satu stop. Hal tersebut menjadikan Garuda tidak kompetitif karena penerbangan langsung Garuda dari Jakarta ke London merupakan penerbangan ke Eropa tercepat, sementara penerbangan perusahaan lain melakukan satu stop di kota/negara dari mana perusahaan penerbangan tersebut berasal.

Semula Garuda akan melayani penerbangan nonstop Jakarta-London lima kali dalam sepekan, berangkat dari Jakarta pukul 00.55 LT, tiba di London (Gatwick) pukul 08.30 LT dan berangkat dari London pukul 10.00 LT, tiba di Jakarta pukul 06.15 LT keesokan harinya.

Dengan penundaan tersebut, maka Garuda Indonesia akan mulai melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke London pada bulan Mei 2014 setelah adanya penguatan atau peningkatan PCN landasan di Soekarno-Hatta.

(rna)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions