Jumat, 09 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Bertahan sampai 4 hari, bisa dijadikan cinderamata

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Create positive health habits and dramatically improve the quality of your life.

Begin by following this comprehensive system that includes tools and techniques Dashama has compiled over the past 12 years traveling the world.
From our sponsors
Bertahan sampai 4 hari, bisa dijadikan cinderamata
Aug 9th 2013, 06:00

Soto bening Mang Ijuh

Bertahan sampai 4 hari, bisa dijadikan cinderamata

Giri Prakosa

Jum'at,  9 Agustus 2013  −  13:00 WIB

Bertahan sampai 4 hari, bisa dijadikan cinderamata

Foto: Giri Prakosa/Sindonews

Sindonews.com - Salah satu soto khas Bogor yaitu soto bening ternyata tidak hanya digemari masyarakat kota Bogor. Banyak masyarakat luar Bogor yang gemar soto bening.

Di antara beberapa penjual soto bening, warung tenda soto bening Pak Ijuh termasuk yang paling ramai. Sehari bisa sampai 250 pengunjung. Lokasinya di samping SD Pengadilan, Jalan Pengadilan Pasar Anyar Bogor.

Di Bogor, banyak warung tenda kaki lima yang menyajikan masakan khas soto Bogor, baik yang jenisnya soto kuning maupun soto bening. Namun bila diamati, ada beberapa yang benar-benar jadi favorit dan sering menjadi langganan para penikmatnya. Salah satunya yang direkomendasikan adalah Soto Bening Mang Ijuh.

Lokasinya persis di depan Pasar Anyar Bogor dan stasiun kereta api Bogor. Anda bisa mampir dulu ke Pasar Anyar, yang menjadi pusat grosir berbagai produk, seperti sepatu, bisa belanja baju, sepatu, sandal dalam partai besar mendapatkan harga yang sangat spesial di Pasar Anyar yang kebetulan dekat dengan lokasi Soto Bening Pak Ijuh.

Dan bagi Anda yang membawa keluarga, Anda juga bisa memanjakan anak Anda dengan membawanya ke Taman Topi kira-kira 200 meter ke arah utara. Dia terdapat tempat bermain untuk anak kecil. Selain Taman Topi Anda juga bisa singgah ke Kebun Raya Bogor kira-kira 1 km ke arah selatan.

Dan bagi Anda yang datang dari luar kota, hotel yang paling dekat dengan lokasi warung tenda ini adalah Hotel Salak. Di sekitar Hotel Salak juga Anda bisa menikmati ayam goreng Fatmawati.

Meskipun hanya menempati emperan beratap terpal biru dengan meja serta bangku kayu yang memanjang khas kaki lima, kedai soto Pak Ijuh ini memang sangat sederhana. Tetapi untuk rasa jangan ditanya, enak sekali.

Apalagi bukan hanya soto yang disediakan, bagi Anda yang suka sate, Pak Ijuh juga menyediakan menu sate sapi yang dipadukan dengan bumbu kacang.

Keistimewahan Soto bening ini memakai bahan dasar pala, cengkeh, kayu manis dan kapulaga (berbentuk seperti kemiri). Kuahnya bening, mengepul dengan aroma rempah rasa hangat menjalari tenggorokan, rasa kaldu yang kuat, daging dan tetelan yang empuk, sangat mulus mengelus lidah.

Soto ini memakai bahan baku daging sapi lokal. Namun, soto ini harus dimakan saat masih panas mengepul karena saat dingin, jejak gumpalan lemak akan bertebaran di permukaan soto.

Pria berkulit gelap ini kerap tampak ikut sibuk membantu anak-anaknya melayani warung tenda miliknya terutama memotongi daging sapi yang sudah direbus. Lima orang putranya sangat gesit mengantarkan semangkok soto dan sepiring nasi pesanan pelanggan.

Berbeda dengan soto kuning yang memakai kunyit dan santan, soto bening ini memakai bahan dasar rempah-rempah sehingga kuah yang dihasilkan bening, dan beraroma rempah-rempah yang sangat khas dan menggugah nafsu makan. Ditambah lagi dengan perasan jeruk nipis, sambal dan kecap yang telah disediakan di atas meja.

Warung tenda yang mulai buka jam 6 pagi sampai 12 siang setiap hari termasuk hari Minggu dan hari libur ini tampak selalu ramai dipadati pengunjung. Walau tempatnya berada persis di depan Pasar Anyar yang terkesan riuh dengan banyaknya orang berseliweran, dan lokasinya sangat sempit, kedai Mang Ijuh tetap banyak diminati.

Bagi Anda yang ingin merayakan ulang tahun atau mengadakan suatu acara, soto bening Mang Ijuh ini juga sudah terbiasa melayani pesanan dalam jumlah besar untuk acara, tapi harus minimal pemesanan 100 porsi dan pemesanan beberapa hari sebelumnya.

Para pelanggan yang datang tidak hanya ibu-ibu yang antar-jemput anaknya sekolah, dan pegawai kantoran yang berlokasi di sekitar Pasar Anyar, tetapi ketika weekend atau liburan, banyak yang datang dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, bahkan hingga luar Jawa yang menginap di Hotel Salak.

Uniknya, soto bening ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah karena lemaknya tidak akan memnggumpal di kuahnya dan tidak cepat basi. Kata Mang Ijuh, soto beningnya bisa bertahan hingga 4 hari asal isi dan kuah dalam keadaan terpisah.

Harga yang ditawarkan pun relatif murah mulai dari Rp7.000 hingga Rp15.000. Sementara untuk minuman, Mang Ijuh hanya menyiapkan teh botol yang harganya Rp2.500.

Untuk menjaga rasa, Mang Ijuh mengaku hingga saat ini menangani sendiri urusan racik-meracik bumbu, sedangkan untuk urusan goreng-menggoreng paruh atau yang lainnya dibantu oleh istri tercinta.

Usaha yang sudah dijalani Mang Ijuh kurang lebih 47 tahun, kini dibantu istri dan anak-anaknya, ini tidak memakai tenaga kerja dari luar. Tak heran jika setiap harinya bisa menghabiskan daging beserta jeroan kurang lebih 50 kg dan 30 liter beras.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions