Jumat, 02 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: "Kenyamanan investor hulu migas perlu dijaga"

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
"Kenyamanan investor hulu migas perlu dijaga"
Aug 2nd 2013, 02:42

"Kenyamanan investor hulu migas perlu dijaga"

Nanang Wijayanto

Jum'at,  2 Agustus 2013  −  09:42 WIB

Ilustrasi

Sindonews.com - Pengamat energi menilai pemerintah wajib menjaga keamanan dan kenyamanan investor di sektor hulu minyak dan gas (migas). Hal itu dilakukan agar para investor tidak hengkang dari Indonesia.

Pengamat Energi, Danang Krisyanto mengatakan, saat ini pengelolaan usaha hulu migas lebih sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, cadangan migas yang tersedia banyak berada di laut dalam, sehingga butuh teknologi canggih serta biaya sangat besar daripada pengeboran di daarat.

"Sehingga kenyamanan harus dijaga agar ketenangan para investor migas baik nasional maupun asing, bisa terus meningkatkan produksinya," kata dia dalam keteranganya di Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Disamping pengembangan eksplorasi yang semakin sulit, perawatan sumur-sumur tua sebagai penjaga cadangan minyak juga tidak murah karena mayoritas merupakan sumur tua yang memerlukan teknologi khusus.

"Kita butuh investor yang mampu mengelola sumur-sumur tua untuk mengambil cadangan migas yang masih tersisa di dalam sumur," kata dia.

Di sisi lain, untuk menjaga sektor energi khususnya migas, pemerintah harus lebih banyak memberdayaakan anak negeri agar lebih tertarik bekerja di dalam negeri daripada luar negeri. Dengan demikian, ketahanan energi di dalam negeri di topang dengan kaki sendiri dan berdaulat secara penuh.

"Saya berharap perizinan juga harus diperbaiki karena masih banyak kendala," kata dia.

(rna)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions