Rabu, 07 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Ekonom: Sektor jasa kendalikan pertumbuhan China

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Ekonom: Sektor jasa kendalikan pertumbuhan China
Aug 7th 2013, 07:18

Ekonom: Sektor jasa kendalikan pertumbuhan China

Rabu,  7 Agustus 2013  −  14:18 WIB

Ekonom: Sektor jasa kendalikan pertumbuhan China

Ilustrasi/Foto: Istimewa

Sindonews.com - Para ekonom memperkirakan, sektor jasa akan menggantikan industri manufaktur dan menjadi kendali terkuat perekonomian China.

Menurut mereka, China akan bergerak intensif menuju pola pertumbuhan sumber daya yang lebih ramah lingkungan, dengan perbaikan lebih cepat dari sektor jasa, kontras dengan lambannya industri manufaktur.

Perbankan asal Inggris, HSBC kemarin melaporkan, bahwa indeks manajer pembelian di sektor jasa pada Juli adalah 51,3 poin, menandakan peningkatan dalam kegiatan usaha di sektor tersebut.

Pertumbuhan orde baru di sektor ini naik ke angka tertinggi dalam lima bulan karena permintaan pasar meningkat, dan pekerjaan di sektor jasa naik.

Indeks HSBC memperkuat temuan data resmi PMI non-manufaktur yang dirilis Sabtu (3/8/2013). Di mana pembacaan pada Juli naik 54,1 poin, dari 53,9 poin pada bulan sebelumnya.

"Indikator-indikator ini menunjukkan bahwa pertumbuhan non-manufaktur stabil dan suara memberikan landasan yang kuat untuk perekonomian secara keseluruhan," kata Cai Jin, wakil ketua Federasi Logistik dan Pembelian China, yang mengkompilasi data resmi PMI non-manufaktur, seperti dilansir dari People Daily.

"Ini adalah awal yang baik untuk babak kedua. Kami yakin dapat menstabilkan pertumbuhan dan mencapai target tahun ini, meskipun akan ada lebih banyak tantangan," jelasnya.

Sementara Qu Hongbin, kepala ekonom dan riset ekonomi Asia di HSBC menunjukkan, kekhawatiran pertumbuhan layanan berkelanjutan dalam waktu dekat.

"Meskipun sektor jasa sejauh ini telah mempertahankan pertumbuhan yang stabil, margin keuntungan terus diperas, mengingat perbedaan antara harga input dan harga yang dikenakan," terangnya.

"Tanpa perbaikan yang berkelanjutan dari permintaan, pertumbuhan layanan tetap bersemangat, menempatkan tekanan downside pada pertumbuhan lapangan kerja," tambah Qu.

Berbeda dengan sektor jasa, catatan manufaktur PMI HSBC berdiri di angka 47,7 poin pada Juli, turun dari 48,2 poin pada Juni, mencapai level terendah dalam 11 bulan. Hal ini menunjukkan peningkatan kontraksi usaha industri menghadapi kapasitas produksi yang berlebihan.

Chang Jian, ekonom senior Barclays Capital mengatakan, meskipun kinerja industri mengecewakan, sektor jasa menjadi mesin pertumbuhan baru China dan "titik terang" di babak pertama.

Menurut Biro Statistik Nasional, NBS, industri jasa tumbuh 8,3 persen dari tahun sebelumnya di babak pertama, lebih cepat dari laju pertumbuhan PDB. Namun, pertumbuhan sektor manufaktur 7,6 persen.

Investasi aset tetap di sektor jasa meningkat 23,5 persen year-on-year (yoy) untuk enam bulan pertama, lebih cepat dari pertumbuhan 15,6 persen di sektor manufaktur.

Pada enam bulan pertama, sektor jasa menyumbang 45,3 persen dari PDB, sementara industri manufaktur menyumbang 47,2 persen.

Pemerintah telah menetapkan target mengangkat sektor jasa dalam PDB nominal menjadi 47 persen dalam Rencana Lima Tahun (2011-2015) ke-12 dari 43 persen pada 2010.

(dmd)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions