Jumat, 02 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Wamenkeu klaim kepadatan kontainer di Priok turun drastis

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Wamenkeu klaim kepadatan kontainer di Priok turun drastis
Aug 2nd 2013, 09:15

Wamenkeu klaim kepadatan kontainer di Priok turun drastis

Ameidyo Daud

Jum'at,  2 Agustus 2013  −  16:15 WIB

Wamenkeu klaim kepadatan kontainer di Priok turun drastis

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar menilai positif dengan menurunnya Yard Occupation Ratio (YOR) atau disebut juga sebagai kepadatan tumpukan kontainer di pelabuhan Tanjung Priok menjadi 60 sampai 80 persen dari sebelumnya 100 sampai 120 persen.

Dia juga masih berharap YOR akan terus dapat diturunkan sampai rataan 50 persen menjelang libur Lebaran mendatang. "Menjelang H-4 dan turunnya barang terakhir sebelum libur, kita harus jaga dan mobilisasi. Harusnya YOR bisa turun lagi sampai average 50 persen lah," ujarnya di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Dia mengungkapkan, pada awal-awal berkantor di Pelabuhan Tanjung Priok, tingkat kepadatan tumpukan kontainer di seluruh pelabuhan masih tinggi, bahkan sempat mencapai 114 persen.

Mahendra bersama seluruh stakeholder lalu memulai perbaikan dan mengurai kepadatan Tanjung Priok mulai dari membuka lahan kosong, memindahkan kontainer, memperbaiki kondisi jalan, dan menambah waktu kepabeanan.

"YOR di JICT turun dari 114 menjadi 53 persen. JICT 2 turun dari 114 menjadi 42 persen, Pelabuhan Koja turun dari 102 menjadi 70 persen. TPFT Graha Segara YOR-nya turun dari 104 menjadi 82 persen," paparnya.

Mahendra juga mempersiapkan diri karena pasca libur Lebaran langsung ada kiriman 50 sampai 100 kontainer dalam satu hari. Oleh karena itu dia memerintahkan jajaran Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tanjung Priok untuk beroperasi penuh walaupun Lebaran.

"Karena habis lebaran akan ada yang mengirim 50 sampai 100 kontainer, saya minta Bea Cukai beroperasi penuh walapun Lebaran, dokumen pemindahan barang harus beroperasi 24 jam," tandas Mahendra.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions