Senin, 25 Maret 2013

Home » Selamatkan Ekonomi, Siprus Setuju Popular Bank Ditutup - Republika Online

,
Senin, 25 Maret 2013, 07:52 WIB

Komentar : 0

fosbusiness.com

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Siprus, Uni Eropa dan International Monetary Fund (IMF) telah menyetujui rencana baru untuk menyelamatkan perbankan Siprus. Proposal yang saat ini tengah dipresentasikan di tengah menteri-menteri Zona Eropa ini berisi tentang penyeleksian perbankan.

Proposal tersebut berisi pernyataan yang melibatkan 'bank baik' dan 'bank buruk'. Hal ini berarti Popular Bank of Cyprus yang juga dikenal dengan nama Laiki akan ditutup secara efektif. 

Dilansir laman Reuters, Senin (25/3), pejabat Siprus mengungkapkan deposan yang menyimpan dana di bawah 100 euro di Laiki akan ditransfer ke Bank of Cyprus.

Sedangkan nasabah dengan tabungan di atas 100 ribu euro, dananya akan dibekukan dan dipakai untuk membayar hutang. Dalam peraturan Uni Eropa simpanan di atas 100 ribu euro tidak diasuransikan. Tidak disebutkan berapa jumlah dana yang akan dibekukan tersebut.

Juru bicara UE mengungkapkan tidak akan ada retribusi pagi nasabah di perbankan Siprus. Dengan paket penuh dari deposan yang tidak diasuransikan, diperkirakan retribusi tidak diperlukan. Namun kebijakan ini akan merugikan nasabah yang menyimpan dana besar di Laiki, yang kebanyakan adalah orang Rusia.

Reporter : Friska Yolandha
Redaktur : Djibril Muhammad

Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2]:82)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis-global/13/03/25/mk6yfa-selamatkan-ekonomi-siprus-setuju-popular-bank-ditutup