Kamis, 21 Maret 2013

Home » 5 Kelebihan Agus Martowardojo jadi Gubernur BI - Liputan6.com

,
5 Kelebihan Agus Martowardojo jadi Gubernur BI

Menkeu Agus Martowardojo. (Antara/Andika Wahyu)

Liputan6.com, Jakarta : Ekonom Mandiri Sekuritas, Destry Damayanti merekomendasikan Agus Martowardojo sebagai gubernur Bank Indonesia (BI) periode lima tahun mendatang. Sosok Agus dianggap memiliki lima karakteristik yang dibutuhkan untuk memimpin bank sentral tersebut.

"Karakteristik pemimpin yang diperlukan menjadi Gubernur BI adalah sikap leadership, integritas, kapabilitas, good governance dan koordinasi. Semua itu ada di dalam diri Pak Agus," tuturnya saat memberi masukan Gubernur BI kepada Komisi XI DPR RI, Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama di Bank Mandiri dan Bank Permata itu, menurut Destry sangat konsen membidani ekonomi makro. Saking fokusnya, Agus Martowarodjo pernah membuat lembaga riset di lingkungan Bank Mandiri dan tetap kuat sampai sekarang.

"Lembaga itu masih berlaku hingga masa saya saat ini. Jadi lembaga riset ini bukan saja mengurusi mikro tapi juga ada dasar framework makronya," jelasnya.

Destry juga tak luput dari pertanyaan pengganti Agus sebagai Menteri Keuangan. Meski enggan menyebut secara spesifik calon yang pantas untuk menduduki kursi nomor satu di Kementerian Keuangan, namun dia mensyaratkan harus menguasai fiskal.

"Karena memang waktunya mepet, tinggal satu tahun lagi maka ini jadi satu pekerjaan rumah. Jangan sampai menjadi masalah dan merusak kepercayan pasar. Jadi mestinya pengganti Pak Gus yang sudah menguasai fiskal, karena untuk menjaga kesehatan fiskal tidak mudah," ucapnya.

Ke depan, dia bilang, fiskal Indonesia memiliki tantangan, yakni terkait persoalan subsidi, budgeting dan kebijakan. Dan hal-hal itulah yang tengah diperbaiki oleh pemilik nama lengkap Agus Dermawan Wintarto Martowardojo.

"Financial management-nya kan memang ingin diperbaiki, lebih kepada outcome oriented daripada spending oriented," tutup Destry. (Fik/Shd)

http://bisnis.liputan6.com/read/540509/5-kelebihan-agus-martowardojo-jadi-gubernur-bi