Kamis, 21 Maret 2013

Home » Inilah Upaya Pertamina EP Naikkan Produksi - Inilah.com

,

INILAH.COM, Jakarta - Pertamina EP Asset II, anak usaha PT Pertamina (Persero) akan menggunakan teknologi Enchanced Oil Recovery (EOR) sebagai upaya meningkatkan produksi minyak.

Manager Senior Eksploitasi, Pertamina EP Asset II, Wit Mulya menyatakan penggunaan EOR dalam memaksimalkan hasil produksi akan dilakukan meskipun saat ini masih tahap awal. "Ya itu masih dalam tahap awal. Tapi bukan berarti kita tidak melakukan hal itu. Kita akan optimalkan produksi untuk saat ini dengan memaksimalkan kinerja operasi," katanya di kantor Pertamina EP Field Prabumulih, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (20/3/2013).

Dia mengaku saat ini kondisi lapangan minyak yang berada dalam kinerja operasi Pertamina EP Asset II merupakan lapangan tua. Imbasnya produksi air saat eksploitasi cukup besar sehingga membuat perusahaan juga kesulitan menyerap cadangan minyak.

"Beberapa memang sudah lapangan tua. Contohnya di Limau kadar air di sana cukup besar sehingga menyulitkan. Tapi memang cadangan yang ada memang makin minim," tuturnya.

Di samping mulai melirik teknologi EOR, saat ini Pertamina EP Asset II telah melakukan injeksi surfaktan agar potensi cadangan minyak juga dapat diserap dengan baik. Selain itu, pihaknya juga tidak melakukan pengeboran konvensional.

Mulya lebih mengutamakan pengeboran dengan teknik horizontal. "Kita juga lakukakan methode reserve coning yaitu melakukan penanganan lapisan minyak yang tebal namun sudah terisi air. Kita lakukan itu untuk dapat menyerap minyak dengan baik," ujar Mulya. [hid]

http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1969686/inilah-upaya-pertamina-ep-naikkan-produksi