Kamis, 28 Maret 2013

Home » Star Energy rilis obligasi global berkupon tinggi - Kontan

,

Obligasi global

Star Energy rilis obligasi global berkupon tinggi

JAKARTA. Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Limited menawarkan senior secured notes US$ 350 juta pada 21 Maret 2013. Star Energy menawarkan obligasi berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS) bertenor tujuh tahun dengan kupon 6,125% per tahun.

Star Energy memberi selisih cukup tinggi pada obligasi global kali ini. Sebagai perbandingan, obligasi global Republik Indonesia bertenor tujuh tahun mencatat imbal hasil 3,119% di pasar sekunder pada Jumat (22/3).

Chief Financial Officer Star Energy, Hendra S. Tan mengatakan, obligasi global yang akan diterbitkan 28 Maret 2013 ini mencatat permintaan berlebih alias oversubscribed hingga 11 kali. Permintaan investor atas obligasi ini mencapai US$ 4 miliar.

Obligasi global kedua Star Energy ini mendapat peringkat B2 dari Moody's Investor Services dan B+ dari Fitch Rating. Perusahaan pembangkit listrik panas bumi ini akan mencatatkan obligasi di bursa Singapura.

Pengamat pasar modal, Octaviano Bramantya, mengatakan, bunga obligasi terbitan Star Energy yang sebesar 6,125% untuk sebuah obligasi berdenominasi dollar AS cukup menarik. Apalagi peringkat surat utang anak usaha PT Star Energy tersebut belum termasuk kategori investment grade.

Sedangkan bagi investor, obligasi ini bisa menjadi alternatif untuk investor yang ingin mendapatkan tambahan imbal hasil dengan sedikit menaikan risiko. Jika dibandingkan dengan obligasi pemerintah Indonesia, memang kupon obligasi Star Energy Geothermal ini lebih tinggi. Meski demikian, kata Octaviano Bramantya, sebagai perusahan geotermal yang memasok listrik bagi Perusahan Listrik Negara, Star Energy memiliki prospek yang bagus.

http://investasi.kontan.co.id/news/star-energy-rilis-obligasi-global-berkupon-tinggi/2013/03/23