Minggu, 31 Maret 2013

Home » Inflasi Maret Diprediksi 4,8%-5,3% - Suara Merdeka CyberNews

,


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Kenaikan harga komoditas bahan pangan yakni bawang putih, bawang merah, dan mie akan mendorong kenaikan inflasi selama Maret 2013. Inflasi juga diperkirakan masih terkait dengan penyesuaian harga sejalan dengan kenaikan upah dan tarif tenaga listrik (TTL).

Wakil Ketua Tim Pemantauan dan Pengendalian Harga (TPPH) Jawa Tengah Dewi Setyowati mengatakan, tekanan inflasi dipicu oleh keterbatasan pasokan bawang putih dan bawang merah.

Penyebabnya adalah dampak penerapan kebijakan pengaturan kuota impor, dan terbatasnya panen bawang merah terkait curah hujan yang cukup tinggi.

"Harga bawang diharapkan dapat segera turun sejalan dengan meningkatnya pasokan, karena izin dari Kementerian Pertanian untuk mengeluarkan ratusan kontainer bawang putih yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Perak sudah keluar," katanya.

Terkait tingginya lonjakan harga bawang putih dan bawang merah, BPS Jawa Tengah menginformasikan bahwa pada 18 Maret 2013 secara serentak BPS di seluruh Indonesia melakukan survei untuk mengetahui apakah masyarakat mengurangi konsumsi terhadap kedua komoditas tersebut.

Apabila terjadi pengurangan konsumsi yang signifikan, maka akan dilakukan penyesuaian terhadap bobot kedua komoditas tersebut dalam keranjang IHK. "Tentunya akan mempengaruhi perhitungan sumbangan inflasi dari komoditas bawang," ujarnya.

Selain kedua komoditas tersebut, berdasarkan pemantauan sampai dengan minggu kedua, inflasi Maret 2013 diperkirakan akan disumbang oleh kenaikan harga daging sapi, ikan asin, cabe merah, dan cabe rawit.

"Faktor risiko inflasi lainnya yang perlu diwaspadai antara lain terkait fluktuasi harga kedelai dan kenaikan harga elpiji 12 kilogram. Fluktuasi harga kedelai perlu mendapat perhatian yang serius karena sebagai bahan baku utama pembuatan tempe dan tahu, kenaikan harga kedelai dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap inflasi sebagaimana yang terjadi di 2012," paparnya.

Dengan perkembangan tersebut, inflasi Jawa Tengah pada Maret 2013 berpotensi di atas pola historisnya, sehingga pada triwulan I 2013 diperkirakan cenderung mengarah pada kisaran atas proyeksi 4,8% sampai 5,3% (yoy).

( Fani Ayudea / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/03/26/150465/Inflasi-Maret-Diprediksi-48-53