Kamis, 28 Maret 2013

Home » Bos Panasonic Kepincut Bisnis Pembangkit Panel Surya - Liputan6.com

,
Bos Panasonic Kepincut Bisnis Pembangkit Panel Surya

(Antaranews)

Liputan6.com, Jakarta : PT Panasonic Gobel Indonesia menjajaki bisnis energi terbarukan panel surya atau solar.

Komisaris Utama Panasonic Gobel Indonesia, Rachmat Gobel, mengungkapkan penjajakan bisnis energi terbarukan tersebut di bawah bendera Gobel Darma Nusada (GDN).

"Saya punya EBT, solar panel. Saya masuk ke retail," kata dia, Selasa (26/03/2013).

Dia mengaku bahan baku, perusahaan masih mengimpor bahan baku energi terbarukan tersebut dari Jepang. Selanjutnya, Rachmat mengaku bercita-cita bisa mengembangkan bahan baku panel surya tersebut dari dalam negeri.

"Bikin solar panel itu tidak gampang. Yang harus menjadi perhatian adalah pasokan listrik dan air. Kalau listriknya drop kerugian yang ditanggung bisa sampai puluhan juta yen," jelas dia menjelaskan alasan menggunakan bahan baku dari luar negeri.

Dia menargetkan dalam 1 sampai 2 tahun ke depan, energi solar panel ini mampu memproduksi sekitar 1 megawatt daya listrik.

Saat ini, perusahaan sudah melakukan uji coba di 5 rumah sebagi pengguna solar panel buata Gobel Darma Nusa.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Infrastruktur ini yakin solar panel ke depan akan diterima pasar. Oleh karena itu dia telah memikirkan penyimpanan baterai.

"Brand Panasonic kita udah punya baterainya. Cuma kalau ini berhasil kami masih harus bikin pabrik penyimpanan baterainya," ujar Gobel. (Est/Nur)

http://bisnis.liputan6.com/read/545585/bos-panasonic-kepincut-bisnis-pembangkit-panel-surya