Senin, 18 Maret 2013

Home » Maksimalkan Produksi Minyak, SKK Migas Sambangi KKKS - Okezone

,
JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan melakukan kunjungan langsung ke Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam rangka mewujudkan target zero decline terhadap produksi minyak.

"Pekan depan, seluruh pimpinan SKK Migas serentak bergerak ke daerah sentra produksi migas untuk bertatap muka langsung dengan KKKKS dan mendengarkan kendala yang mereka hadapi. Kami berharap pertemuan tersebut akan menghasilkan solusi yang tepat bagi kelancaran operasi hulu migas," ujar Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan dikutip dalam situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (18/3/2013).

Berdasarkan data SKK Migas, sampai minggu pertama Maret 2013, realisasi produksi rata-rata minyak bumi dan kondensat mencapai 827,2 ribu barel per hari (BPH), sedangkan produksi gas mencapai 8.196 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Namun, di minggu kedua sampai pertengahan Maret, produksi minyak mulai bergerak sedikit di atas 830 ribu BPH.

"Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka mencari jalan supaya kinerja yang meningkat ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan sehingga target zero decline bisa tercapai," kata Muliarwan

Data SKK Migas menunjukkan adanya sejumlah kendala yang berkontribusi terhadap realisasi produksi, terutama produksi minyak. Kendala-kendala tersebut antara lain permasalahan pada fasilitas produksi yang menyebabkan hilangnya potensi produksi minyak sebesar 5.400 BPH

Lalu, permasalahan pada sumur produksi (kenaikan water cut dan water blocking) yang menyebabkan hilangnya potensi produksi sebesar 1.600 BPH dan faktor eksternal yang menyebabkan hilangnya potensi produksi sebesar 700 BPH.

"Dalam kunjungan kerja nanti, kendala-kendala ini akan kita dalami lebih lanjut dan akan kita coba selesaikan bersama KKKS," tandasnya.
(gnm)

http://economy.okezone.com/read/2013/03/18/19/777279/maksimalkan-produksi-minyak-skk-migas-sambangi-kkks