Selasa, 13 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Tahun ini diprediksi tidak ada penambahan kuota BBM

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Make fitness a way of life

Sign up at a 24 Hour Fitness near you for a 7 day free trial. Join a class and find a community!
From our sponsors
Tahun ini diprediksi tidak ada penambahan kuota BBM
Aug 13th 2013, 11:26

Tahun ini diprediksi tidak ada penambahan kuota BBM

Nanang Wijayanto

Selasa,  13 Agustus 2013  −  18:26 WIB

Tahun ini diprediksi tidak ada penambahan kuota BBM

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Pemerintah menargetkan tahun ini tidak ada penambahan kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Hal itu disebabkan karena penurunan konsumsi secara drastis pada semester pertama.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menuturkan, tahun ini negara akan terhindar dari krisis BBM seperti yang telah dialami tahun-tahun sebelumnya. Lantaran hasil laporan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) konsumsi premium menurun secara drastis jika dibandingkan dengan semester yang sama pada tahun lalu.

"Biasanya satu semester itu sudah lewat, dari jatah setengah tahun ini di bawah 24 juta kl," kata Jero di sela acara halal bihalal di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (13/8/2013)

Dia menjelaskan, seharusnya kuota BBM bersubsidi sebesar 48 juta kiloliter akan habis selama satu tahun dan untuk setengah tahun atau satu semester berarti konsumsi sekitar 24 juta kl. Namun dalam realisasi konsumsi BBM bersubsidi justru konsumsi pada level sekitar 22 juta kiloliter hingga bulan juni 2013. "Sehingga ada margin kelebihan stok BBM sekitar 2 juta kl lebih," jelasnya.

Menurut dia, terjadinya penurunan konsumsi BBM bersubsidi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kenaikan harga BBM bersubsidi. Sehingga cenderung masyarakat melakukan hemat secara individu.

"Masyarakat kalau murah biasanya susah diajak berhemat, malas sekali. Saya juga dulu begitu sebelum jadi Menteri," ungkapnya.

Selain itu, faktor lainnya adalah dilakukan penghematan dengan melakukan pengendalian konsumsi BBM seperti sektor pertambangan mobil dinas dan industri yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi BBM bersubsidi sebab itu pola konsumsi mampu ditekan tahun ini.

"Ada unsur penghematan, pengendalian diperketat. Kalau harga sudah dekat sama keekonomian yang mau menyelundup sudah berat," kata dia.

Sementara itu, Kepala BPH Migas Andy Noersaman Someng berharap kondisi pola konsumsi masyarakat ini tetap terjaga. Sehingga tidak terjadi penambahan kuota BBM bersubsidi. "Kita berharap kondisi ini tetap sehingga tidak ada penambahan kuota semester ini," pungkas dia.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions