Minggu, 04 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: YLKI imbau masyarakat waspada penipuan diskon

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
YLKI imbau masyarakat waspada penipuan diskon
Aug 4th 2013, 12:51

YLKI imbau masyarakat waspada penipuan diskon

Herni Amir

Minggu,  4 Agustus 2013  −  19:51 WIB

YLKI imbau masyarakat waspada penipuan diskon

Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Makassar meminta masyarakat untuk mewaspadai tindak penipuan diskon yang mungkin saja dilakukan jelang lebaran.

Modus penipuan diskon yakni barang harganya dinaikkan baru kemudian diberikan diskon yang menarik minat pembeli hingga diskonnya mencapai setengah harga atau bahkan lebih dari itu.

"Dalam banyak kasus sudah menaikkan harga pokok baru diberikan diskon. Kalau harganya Rp100 ribu lalu dinaikkan menjadi Rp200 ribu dan didiskon hingga 50 persen artinya kan kembali ke harga normal," ungkap Sekretaris YLKI Makassar, Yudi Rahadrjo, Minggu (4/8/2013).

Dia mengatakan, maraknya diskon yang dikeluarkan produsen atau pedagang karena mereka memiliki alasan yang mendasarinya. Pertama, bersih-bersi barang lama. Kedua, mengejar kuantitas penjualan agar mencapai target keuntungan.

Karena itu, lanjutnya, strategi bisnis melalui obral, diskon besar-besaran dengan memberikan harga murah rentan menyesatkan dan menjebak konsumen. Produsen berharap dengan adanya diskon konsumen akan terikat. Sehingga konsumen akan kembali lagi untuk berbelanja.

"Masyarakat yang tidak teliti banyak terkecoh karena permainan kata-kata dan syarat tertentu," katanya.

Dari pantauan Sindo, di Makassar sendiri perang diskon antara peritel besar sudah terjadi. Misalnya di Ramayanan dan Matahari, tidak tanggung-tanggung, diskon hingga 50 persen plus 20 persen. Bahkan jika midnight sale, diskon mencapai 70 persen serta sejumlah promo menarik lainnya seperi buy one get one free, khusus untuk produk tertentu.

"Persiapan sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari. Selama Ramadan porsi baju muslim ditambah 30 persen dan diperkirakan 40 persen terjadi lonjakan penjualan," kata Manager Matahari Departemen Store, Agus Gunawan.

Sementara itu, salah seorang pembeli, Ratna mengatakan, dia memang sengaja berburu pakaian jika musim diskon tiba. Bahkan di malam takbiran promo diskon bisa jauh lebih gila lagi menjadi 70 persen plus 20 persen.

"Kalau mau berburu produk seperti ini memang harus digunakan kejelian. Kalau tidak, maka produk yang kita dapat kualitasnya juga mengecewakan. Tapi kalau kita pandai memilih, meski diskon kualitas barang bukan diskon," ujarnya.

(gpr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions