Senin, 05 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Wamen PU: Kami selalu perbaiki jalur Pantura tiap tahun

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Wamen PU: Kami selalu perbaiki jalur Pantura tiap tahun
Aug 5th 2013, 12:57

Wamen PU: Kami selalu perbaiki jalur Pantura tiap tahun

Ameidyo Daud

Senin,  5 Agustus 2013  −  19:57 WIB

Wamen PU: Kami selalu perbaiki jalur Pantura tiap tahun

Ilustrasi/Foto: Okezone

Sindonews.com - Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU), Hermanto Dardak mengungkapkan, pihaknya selalu merehabilitasi jalan dan rekonstruksi bagi jalan-jalan di Indonesia, terutama di wilayah Pantura Jawa.

Dia menyebut rekonstruksi diperlukan bagi jalan yang berumur di atas 10 tahun. Sedangkan, rehabilitasi dilakukan bagi jalan berumur lima tahun.

"Dari 1.300 km jalan Pantura Jawa terdapat 260 km jalan di lokasi berbeda yang dilakukan dua penanganan tersebut, karena sudah jatuh tempo," ujarnya melalui siaran pers Kementerian PU, Jakarta, Senin (5/8/2013).

Dia merinci dari 1.300 km tersebut, setiap tahun pihaknya merekonstruksi 130 km jalan dan merehabilitasi 130 jalan atau 260 km di lokasi berbeda-beda.

"Jadi ini akan kembali lagi lima sampai 10 tahun dan bukan menangani di tempat yang sama dan umurnya 2-3 tahun, tetapi umur jalan itu tetap 10 tahun," jelasnya.

Dia juga mengutarakan jalur Pantura sudah didesain internasional dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) 10 ton. Namun dia mengakui beban jalur Pantura semakin berat dengan bertambahnya volume kendaraan.

"Sejak 2007, peningkatan kendaraan berat naik dari 20 persen menjadi 40 persen dan secara teknis mempunyai daya rusak jalan 16 kali lipat," katanya.

Karena itu, dia mengimbau semua pihak agar menggunakan kendaraan angkut beban sesuai peraturan yang sudah diberikan.

"Di jalan nasional yang diizinkan 10 ton, jadi kalau mengangkut 35 ton jangan menggunakan kendaraan 2 as tapi gunakan 4 as," pungkas dia.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions