Jumat, 02 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Kadin imbau Mendag fokus kelola perdagangan

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Kadin imbau Mendag fokus kelola perdagangan
Aug 2nd 2013, 03:40

Kadin imbau Mendag fokus kelola perdagangan

Ameidyo Daud

Jum'at,  2 Agustus 2013  −  10:40 WIB

Kadin imbau Mendag fokus kelola perdagangan

Foto : Ist

Sindonews.com - Kepala Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kamar Dangan dan Industri (Kadin) Indonesia, Didik J. Rachbini meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan tidak mencalonkan diri menjadi presiden dan fokus mengelola perdagangan agar tidak berujung defisit ke depannya.

Didik menyarankan hal tersebut karena pelemahan nilai rupiah yang terjadi diyakini terjadi karena pengelolaan perdagangan yang tidak beres, sehingga terus menimbulkan defisit.

"Pelemahan rupiah masalahnya bukan di Bank Indonesia, tapi di pengelolaan perdagangan. Perdagangan kita hancur-hancuran dan salah kelola. Yang saya sayangkan urusan belum selesai malah mau nyapres," sindirnya di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Dia mencontohkan, neraca perdagangan Indonesia dengan dua negara Asia lainnya, yaitu Jepang dan Cina yang mengalami lonjakan defisit besar sejak tahun 2007.

Didik menjelaskan, pada 2007 perdagangan dengan Jepang masih surplus USD3,2 miliar karena ekspor gas, tapi pada 2012 mengalami defisit hingga USD11 miliar. Sedangkan dengan Cina defisit pada tahun 2007 sebesar USD1,8 miliar,  dan sekarang defisitnya melebar hingga USD17 miliar karena Cafta.

Didik menyimpulkan bahwa defisit tersebut merupakan tanda bahwa pemerintah rakus impor dan rakus dolar.  "Kalau dolar habis, rupiah jeblok seperti sekarang ini," pungkasnya.

(rna)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions