Rabu, 07 Agustus 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Mudik Lebaran diyakini tingkatkan ekonomi daerah

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com 
Mudik Lebaran diyakini tingkatkan ekonomi daerah
Aug 7th 2013, 03:37

Mudik Lebaran diyakini tingkatkan ekonomi daerah

Ameidyo Daud

Rabu,  7 Agustus 2013  −  10:37 WIB

Mudik Lebaran diyakini tingkatkan ekonomi daerah

Ilustrasi/Foto: Okezone

Sindonews.com - Direktur Indef, Enny Sri Hartati meyakini tradisi mudik akan meningkatkan perputaran ekonomi di daerah, meski pun hanya berlangsung sementara.

Namun, dia tetap mengingatkan bahwa perputaran uang di daerah tersebut hanya bersifat konsumsi dan bukan investasi yang bisa meningkatkan ekonomi daerah.

"Memang ada perputaran ekonomi di daerah. Namun ekonomi daerah sendiri butuh yang lebih sustainable seperti investasi dan bukan konsumsi," ujarnya saat dihubungi Sindonews, Selasa (6/8/2013).

Enny menyebut dampak perputaran uang di daerah selama mudik hanya berlangsung sementara atau paling lama hanya dua pekan. "Hanya satu atau dua pekan, enggak lama," ujarnya.

Dia menuturkan, cuti bersama yang cenderung lama tidak akan berpengaruh secara signifikan terhadap produktifitas ekonomi.

Pasalnya, swasta tidak mengikuti cuti bersama atau tidak meliburkan diri terlalu lama. Sehingga konsumsi dan produktifitas swasta masih dapat dikebut pasca Lebaran.

"PNS cuti enggak cuti sama saja terhadap produktifitas, ini menandakan swasta yang berpengaruh dan reformasi birokrasi jalan di tempat," pungkas Enny.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions