Sabtu, 02 Agustus 2014

Home » Tempo.co News Site: Nanti Malam Puncak Arus Balik Pasca Lebaran

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Mobile App Design from scratch.

A step by step guide to learn how to design a great mobile app.
From our sponsors
Nanti Malam Puncak Arus Balik Pasca Lebaran
Aug 2nd 2014, 11:07

Nanti Malam Puncak Arus Balik Pasca Lebaran

Sepeda motor pemudik terhenti di lajur arus balik di kawasan Kersamanah, Garut, Jawa Barat, 1 Agustus 2014. TEMPO/Prima Mulia

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik diprediksikan akan terjadi malam nanti hingga esok hari. Puncak arus balik ini terutama untuk pemudik dengan daerah asal jarak menengah dan jauh seperti dari Jawa Timur dan dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk jarak pendek kata Suroyo baru akan akan terjadi sekitar besok hingga malam harinya.

"Saya cek,tiket-tiket bus arah barat semuanya sudah habis. Prediksi saya, arus balik akan terjadi nanti malam hingga esok, karena Senin para karyawan sudah mulai masuk bekerja," kata Suroyo Alimoerso, Direktur Jenderal Perhubungan Darat saat dihubungi Tempo, 2 Agustus 2014. (Baca: Sekitar 45 Persen Pemudik Telah Kembali dari Merak)

Untuk itu, Suroyo menghimbau kepada pemudik yang menggunakan angkutan darat, agar lebih bersabar untuk titik-titik tertentu, karena pasti akan terjadi kepadatan arus lalu-lintas. Titik yang dimaksudkan oleh Suroyo itu antara lain, sekitar Jembatan Comal yang hingga kini masih dalam perbaikan. Selain itu ada pula wilayah Limbongan Tasikmalaya yang rawan terjadi kemacetan karena adanya pasar tumpah di sekitar sana.

Begitu juga dengan sarana penyeberangan seperti Ketapang-Gilimanuk dan Bakaheuni. Suroyo memperkirakan akan terjadi kepadatan juga malam ini hingga esok hari. "Kita berdoa saja, semoga cuaca juga mendukung untuk penyeberangan, sehingga tak terjadi penumpukkan di pelabuha," kata dia.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang bus mulai H-7 hingga H+3 berjumlah sekitar 3,7 juta. Jumlah ini turun dibandingkan tahun periode yang sama di tahun kemarin yang mencapai 4,2 juta. Untuk penumpang kereta api, berdasarkan data Kementerian Perhubungan ada sekitar 2,5 juta penumpang, lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan tahun lalu dalam periode yang sama sekitar 2,4 juta penumpang. (Baca: Bus Terguling di Tol Cikampek, 4 Pemudik Terluka)

Untuk angkutan udara, penumpang mudik tahun ini sekitar 2,8 juta penumpang, naik sedikit dibandingkan dengan tahun lalu sekitar 2,7 juta penumpang. Sedangkan untuk penumpang kapal laut, penumpang mudik tahun ini sekitar 611 ribu, turun dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama dengan jumlah 639 penumpang. (Baca: Utamakan Pemudik, Pengusaha Pelayaran Batasi Muatan)

AMIR TEJO


Baca juga:
Hari Ini Puncak Arus Balik Via Purbaleunyi
Tolak Bayar Paten, Microsoft Gugat Samsung
Pendukung ISIS Menyebar dari Jawa Sampai Sulawesi
Arus Balik Mudik, Kemacetan Parah di Purwokerto

Terpopuler:
Syafi'i Maarif: Dukung ISIS Itu Sinting
Bagaimana ISIS Mendanai Operasinya?
BNPT: Dukung ISIS, Kewarganegaraan Hilang
ISIS Ancam Ledakkan Jakarta, BNPT: Itu Hanya Isu
Jokowi Pertimbangkan Jabatan Wakil Menteri Dihapus

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions