Jumat, 01 Agustus 2014

Home » Metrotvnews.com Syndication: Jepang Sumbang Kapal Perang ke Vietnam

,
Metrotvnews.com Syndication
Indonesian News Video Portal 
The Spiritual Truth

Wisdom course on spirituality truths. Learn How to connect with infinite intelligence & awaken your inner-divinity.
From our sponsors
Jepang Sumbang Kapal Perang ke Vietnam
Aug 1st 2014, 16:15

Dika Dania Kardi - 01 Agustus 2014 23:15 wib
Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida bersama Menlu Vietnam di Hanoi -- HOANG DINH NAM / AFP

Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida bersama Menlu Vietnam di Hanoi -- HOANG DINH NAM / AFP

Metrotvnews.com, Hanoi: Jepang akan memberi enam kapal perang ke Vietnam untuk keperluan patroli pengamanan di kawasan Laut Tiongkok Selatan. Hal itu diungkap Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishada dalam konferensi pers usai bertemu Menlu Vietnam Pham Binh Minh di ibu kota Vietnam, Hanoi, Jumat (1/8/2014).

"Keamanan internasional semakin rumit, begitu juga dengan stabilitas di Laut Tiongkok Selatan dan Laut Tiongkok Timur," ujar Kishada yang secara tidak langsung merujuk pada Tiongkok yang bermasalah di Laut Tiongkok Selatan dan Laut Tiongkok Timur. "Saya harap peralatan ini akan memperkuat kemampuan otoritas penegak (hukum) pesisir Vietnam."

Vietnam adalah satu dari empat negara di kawasan Asia Tenggara yang menyimpan sengketa teritorial dengan Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan. Petugas maritim kedua negara bahkan telah beberapa kali terlibat bentrok di lautan tersebut. Konflik kedua negara meruncing setelah Tiongkok menempatkan rig minyak di perairan yang juga diklaim Vietnam pada 2 Mei lalu. Adapun Jepang berseteru dengan Tiongkok mengenai teritorial di kawasan Laut Tiongkok Timur.

Kishada menyatakan kapal-kapal yang disumbangkan tersebut bernilai sekitar 500 juta yen (sekitar Rp 57,4 miliar) . Selain itu, lanjutnya, Jepang juga membantu pelatihan dan peralatan untuk membantu penjaga pantai dan perikanan Vietnam. Seperti dilansir Reuters, seorang pejabat senior yang anonim di Tokyo mengatakan bantuan itu akan diserahkan pada akhir tahun.

Tiongkok tidak menunjukkan upaya mengurangi sengketa teritorial di kawasan perairan-perairan tersebut. Pada awal pekan ini, armada Tiongkok menggelar latihan tembak dengan roket selama lima hari ke Laut Tiongkok Timur yang berbatasan dengan Jepang dan Teluk Tonkin yang berbatasan dengan Vietnam.

Dua hari lalu, Juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok Geng Yansheng menyatakan kegiatan tersebut tidak ditargetkan ke negara lain dan hanya sebagai latihan rutin. Namun, para analis menilai hal tersebut terkait dengan konflik di lautan dengan Jepang dan Vietnam. Di sisi lain, otoritas Tiongkok menerapkan pengetatan terhadap lalu lintas penerbangan akibat latihan tersebut. Biro Keamanan Publik menyatakan hal tersebut berlaku sampai pertengahan Agustus.

(Wil)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions