Minggu, 03 Agustus 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Miliarder Ini Tanam Uang Rp 11,8 Triliun di Bisnis Beras

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
46% Will Die Broke!

Are You a Baby Boomer? 46% will die broke. Don't become a statistic! Get your FREE "Retirement Kit" Today AVOID this unfortunate fate. Instant download available!
From our sponsors
Miliarder Ini Tanam Uang Rp 11,8 Triliun di Bisnis Beras
Aug 3rd 2014, 13:31, by Pebrianto Eko Wicaksono

Liputan6.com, Abuja - Orang terkaya Afrika Aliko Dangote berencana menanamkan modal US$ 1 miliar atau setara Rp 11,8 triliun (kurs: Rp11.802,5 per US$) di bisnis pertanian modern terintegrasi di Nigeria.

Dikutip dari laman Forbes, Minggu (3/8/2014), Dangote secara resmi telah menyampaikan rencana tersebut dalam pertemuan dengan Menteri Pertanian Nigeria Akinwumi Adesina di Abuja, sebelum meneken nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah Nigeria.

Dalam pertemuan itu, dia menjelaskan investasi yang dikucurkannya tersebut bertujuan untuk mendukung rencana pemerintah Nigeria untuk mencapai swasembada pangan dan menjadi negara eksportir beras dalam empat tahun ke depan.

"Beras adalah makanan pokok, kami akan menjadikan produksi beras sebagai prioritas utama bagi negara kita dan rantai kunci untuk perekonomian kita," kata Dangote.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Dangote Group telah mengakuisisi lahan pertanian seluas 150 ribu hektare di lima Negara bagian Nigeria yaitu Edo, Jigawa, Kebbi, Kwara dan Niger. 

Tanah ini akan diubah menjadi sawah komersial.  Perusahaan juga akan membangun dua pabrik beras dengan kapasitas produksi terpasang 240 ribu ton beras per hari.

"Dengan kapasitas terpasang ini, proyek ini akan menjadi penggilingan padi terpadu terbesar di Afrika," tutur Dangote.

Setelah proyek ini beroperasi, lanjut dia, diharapkan harga beras secara lokal akan berkurang secara signifikan. Usaha baru Dangote ini dapat menciptakan setidaknya 8.000 pekerja baru.

Presiden Goodluck Jonathan memuji langka Dangote untuk investasi terbarunya di bidang pertanian yang disebut-sebut sebagai investasi terbesar yang pernah dibuat dalam produksi beras di Afrika. Menteri Pertanian Nigeria, Akinwumi Adesina menggambarkan investasi baru Dangote sebagai transformasi bagi Nigeria.

Dangote adalah orang terkaya di Afrika dengan kekayaan diperkirakan mencapai US$ 25,1 miliar yang berasal dari bisnis semen, tepung, gula dan pertanian. (Pew/Ndw)

(Nurseffi Dwi Wahyuni)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
aliko-dangote4.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions