Minggu, 03 Agustus 2014

Home » Tempo.co News Site: BP Kantongi Izin Lingkungan Kilang Tangguh

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Discover Business Apps

Top 25 most popular web-based apps for small business on the GetApp marketplace
From our sponsors
BP Kantongi Izin Lingkungan Kilang Tangguh
Aug 3rd 2014, 04:01

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - British Petroleum Regional President Asia Pacific, Christina Verchere, mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia telah memberikan izin lingkungan atas proyek pengembangan kilang gas Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat. "Selain itu, analisis dampak lingkungan atau amdal yang mencakup komitmen pemeliharaan lingkungan dan pengembangan sosial juga telah disetujui oleh kementerian," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Tempo, Ahad, 3 Agustus 2014.

Pihak BP menerima izin tersebut pada 24 Juli 2014 melalui Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 02.37.07 Tahun 2014. Menurut Christina, terbitnya surat izin tersebut menjadi pintu masuk untuk memulai proyek pengembangan di kilang Tangguh. Rencana pengembangan, kata dia, mencakup kilang LNG ketiga atau Train 3 yang akan meningkatkan total kapasitas produksi gas alam menjadi 11,4 juta ton per tahun (MTPA). "Saat ini kilang Tangguh berhasil memproduksi gas alam mencapai 7,6 juta ton per tahun dari kilang LNG Train 1 dan Train 2," kata Christina. (Baca:Tangguh Salurkan Listrik ke Bintuni )

Ihwal nilai proyek pengembangan kilang Tangguh, Christina menyebut angka US$ 12 miliar atau setara dengan Rp 141,4 triliun. Ia mengklaim, dengan terbitnya izin tersebut, proyek pengembangan Train 3 bisa segera rampung, sehingga kilang itu kelak bisa mencukupi kebutuhan energi nasional dari sumber gas alam. "BP dan mitra proyek berkomitmen akan memasok 40 persen dari hasil produksi Train 3 atau sebesar 1,5 juta ton per tahun kepada PT PLN (Persero) untuk kebutuhan listrik masyarakat Indonesia," tuturnya. (Berita terkait: Tender Unit 3 Tangguh Segera Diumumkan)

Kilang Tangguh merupakan konsesi migas yang dioperasikan oleh enam kontraktor migas selain British Petroleum. Saat ini, persentase kepemilikan saham oleh BP di proyek tersebut mencapai 37,16 persen. Mitra-mitra kontrak Tangguh lainnya adalah MI Berau B.V. yang memegang saham 16,03 persen; CNOOC Muturi Ltd dengan kepemilikan saham 13,9 persen; Nippon Oil Exploration (Berau) Ltd dengan 12,23 persen kepemilikan saham; KG Berau/KG Wiriagar yang mengantongi saham 10 persen; Indonesia Natural Gas Resources Muturi Inc. dengan 7,35 persen kepemilikan saham; serta Talisman Wiriagar Overseas Ltd. dengan 3,06 persen saham. (Baca: Debat, Hatta Keliru Sebut Harga Baru Gas Tangguh)

RAYMUNDUS RIKANG R.W.

Baca juga:
Hari Ini Puncak Arus Balik Via Purbaleunyi
Tolak Bayar Paten, Microsoft Gugat Samsung
Pendukung ISIS Menyebar dari Jawa Sampai Sulawesi
Arus Balik Mudik, Kemacetan Parah di Purwokerto

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions