Minggu, 03 Agustus 2014

Home » Metrotvnews.com Syndication: Lima Fakta Wabah Ebola di Afrika Barat

,
Metrotvnews.com Syndication
Indonesian News Video Portal 
Looking for a Helpdesk?

Try Freshdesk - the preferred Helpdesk system of over 20000 businesses. So easy, sets up in two minutes!
From our sponsors
Lima Fakta Wabah Ebola di Afrika Barat
Aug 3rd 2014, 05:12

Willy Haryono - 03 Agustus 2014 12:12 wib
Pekerja kesehatan membawa seorang pasien yang tewas akibat penyakit Ebola di Guinea -- SEYLLOU / AFP

Pekerja kesehatan membawa seorang pasien yang tewas akibat penyakit Ebola di Guinea -- SEYLLOU / AFP

TOPIK TERKAIT

Metrotvnews.com, Guinea: Tiga negara di Afrika Barat berjuang mengendalikan wabah penyakit Ebola. Virus mematikan ini ditemukan hampir empat dekade lalu di sebuah desa dekat Sungai Ebola di Kongo. Sejak saat itu, penyebaran virus secara sporadis dan wabah Ebola pun terjadi dari waktu ke waktu.

Berikut lima fakta Ebola yang sejak beberapa bulan terakhir mewabah di Afrika Barat seperti dikutip Associated Press, Sabtu (2/8/2014):

1. Wabah Afrika Barat Menjadi yang Terbesar dalam Sejarah. Wabah Ebola saat ini di Liberia, Guinea dan Sierra Leone telah menjangkiti 1.300 orang dan menewaskan lebih dari 700 sejak Maret lalu. Wabah di Afrika Barat baru kali ini terjadi, karena biasanya Ebola muncul di Afrika Tengah dan Timur.

2. Sejumlah Orang Berhasil Sembuh dari Ebola. Walau tingkat kematian penderita Ebola mencapai 90 persen, petugas kesehatan di tiga negara Afrika Barat mengatakan beberapa pasien membaik dan tingkat kematiannya kini menurun menjadi 60 persen. Mereka yang selamat masih harus dirawat intensif untuk mencegah dehidrasi dan komplikasi lainnya. Walau sembuh, hingga saat ini dunia kedokteran belum dapat menemukan metode spesifik dalam mengatasi Ebola.

3. Ebola Dapat Terlihat Seperti Penyakit Lain. Gejala awal infeksi Ebola adalah demam, sakit kepala, peradangan otot dan sakit tenggorokan. Relatif sulit membedakan Ebola dengan penyakit lain seperti malaria, tipus dan kolera. Seorang pasien baru diketahui mengidap Ebola saat mengalami pendarahan internal dan eksternal, biasanya dari hidung dan telinga.

4. Ebola Hanya Menular via Kontak Jarak Dekat. Virus Ebola tidak menyebar melalui udara. Virus ini menular saat seseorang terkena cairan tubuh penderita. Cairan ini termasuk darah, keringat, muntah, kotoran, air kencing, air ludah atau sperma.

5. Ketakutan Warga dan Kurangnya Informasi. Di tiga negara Afrika Barat, sejumlah pekerja medis dan klinik dikecam warga sekitar yang menuding mereka telah membawa virus Ebola ke permukiman. Pejabat pemerintah menjelaskan bahwa pasien harus diisolasi di wilayah terpencil, dan perbatasan antar negara pun harus dijaga ketat agar penyakit ini tidak semakin meluas.

(Wil)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions