Senin, 04 Agustus 2014

Home » Tempo.co News Site: Inflasi Agustus Bisa di Bawah 0,5 Persen

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Web design for beginners/

In this course, we cover many aspects of creating content for the web, from concept to production.
From our sponsors
Inflasi Agustus Bisa di Bawah 0,5 Persen
Aug 4th 2014, 04:18

Inflasi Agustus Bisa di Bawah 0,5 Persen  

Presiden SBY didampingi sejumlah Menteri Kabinet di halaman kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/4). Presiden memberikan laporan dan evaluasi tentang harga kebutuhan pokok, stabilisasi harga sembako dan laju inflasi dari para menteri dan pejabat

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Usai Lebaran, inflasi pada Agustus diprediksi berada di bawah 0,5 persen. Direktur Institute for Development of Economic and Finance Enny Sri Hartati berpendapat inflasi di bawah 0,5 persen akan terjadi selama tidak ada gangguan pasokan yang cukup berarti.

"Stabilitas dan ketersediaan pasokan punya kontribusi yang sangat penting terhadap inflasi," kata Enny saat dihubungi Tempo, Senin, 4 Agustus 2014.

Jika pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak, kata Enny, inflasi bisa menembus angka 7 persen. Hal tersebut akibat ekspektasi pasar yang berlebihan. Umumnya setiap harga BBM naik, harga-harga juga naik. Namun, tingginya angka inflasi justru bisa mendorong perekonomian. Inflasi bisa membuat pengusaha melakukan ekspansi kenaikan harga barang dan upah para karyawannya.

Menurut Enny, jika pemerintah bisa memastikan adanya perbaikan ekonomi dan konsisten terhadap kebijakan-kebijakannya, kenaikan harga BBM justru bisa menjadi daya tarik para investor untuk menginvestasikan dananya ke Indonesia. Selain itu, jika pemerintah gencar mengkonversi BBM ke sumber energi lain dan mengalokasikan dana subsidi ke sektor yang lebih produktif, dunia usaha akan lebih optimistis lagi. (Baca juga: Pembatasan Solar dan Premium Kerek Laju Inflasi)

Efek dari tingginya inflasi, kata Enny, tidak akan lama, yakni sekitar dua atau tiga bulan. Selanjutnya pasar bisa menyesuaikan dengan harga-harga yang baru.

Sedangkan pembatasan subsidi bahan bakar pada awal Agustus, kata dia, tidak terlalu berdampak pada kenaikan inflasi. Sebabnya, pembatasan tersebut tidak banyak mengganggu stabilitas harga barang. "Kan, pembatasannya hanya di Jakarta Pusat dan tol, jadi orang bisa saja mengisi di daerah lain atau mengisinya sebelum memasuki tol." (Baca juga: CT Yakin Naiknya Harga BBM Tak Ganggu Inflasi)

Terkait dengan pernyataan sejumlah pengusaha yang akan menaikan tarif angkutan, Enny berpendapat ekspektasi yang berlebihan memang bisa menaikkan inflasi. Oleh karena itu, dia berpesan agar pasar tidak merespons berlebihan agar inflasi bisa terjaga.

Meski secara resmi belum dirilis Badan Pusat Statistik, Enny menyatakan inflasi bulan Juli akan berada di kisaran 0,7 sampai 0,8 persen. Angka tersebut naik 0,27 hingga 0,37 persen jika dibanding bulan lalu yang sebesar 0,43 persen. Rendahnya inflasi bulan Juli di tengah banyaknya aktifitas besar seperti Lebaran dan libur sekolah disebabkan harga bahan makanan yang masih terkendali.

AYU WANDARI

Terpopuler
ISIS Hancurkan Makam Nabi Yunus, Ini Alasannya
Sekjen PBB Frustasi Hadapi Israel-Hamas
Pendukung ISIS Menyebar di Negara ASEAN

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions