Senin, 27 Mei 2013

Home » METRO TV NEWS EKONOMI: BI Minta Bank Tahan Kenaikan Bunga Simpanan

,
METRO TV NEWS EKONOMI
Metrotvnews Indonesia News Video Portal // via fulltextrssfeed.com
BI Minta Bank Tahan Kenaikan Bunga Simpanan
May 27th 2013, 11:36

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menghimbau bank-bank untuk tidak menaikkan suku bunga simpanan yang akan menaikkan bunga kredit. Walaupun inflasi tinggi, tingkat suku bunga acuan BI masih terjaga di level 5,75%.

"Baru beberapa bank saja yang menaikan suku bunganya. Belum semua kan. Ya itu sebetulnya sesuatu yang tak perlu terjadi," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Jakarta, Senin (27/5).

Dia menjelaskan bahwa kenaikan suku bunga simpanan di sejumlah perbankan terkait dengan persoalan likuiditas. Bank-bank tersebut mengalami keterbatasan likuiditas sehingga menaikkan bunga dari tabungan, giro, dan deposito.

Kenaikan bunga dana dari simpanan masyrakat itu menyebabkan terjadinya peningkatan biaya dana (cost of fund). Imbasnya, bank-bank harus menaikkan suku bunga kreditnya.

Selain itu, sejumlah bank juga telah terlebih dahulu merespon lonjakan inflasi. Hal ini terjadi sebagai akibat ekspektasi kenaikan harga BBM bersubsidi.

Sesuai APBN-Perubahan 2013 yang tengah dibahas di DPR, pemerintah menetapkan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp2.000/liter untuk premium, dan Rp1.000/liter untuk solar. Apabila kenaikan itu terealisasi, inflasi diperkirakan akan mencapai di atas 7,5%, melampaui target maksimum BI yakni 5,5%.

"Sebetulnya ya mereka merespon nanti kalau ada kenaikan inflasi. Kebijakan bbmnya kan masih didiskusikan antara pemerintah dengan DPR," tegas Perry.

Sepanjang bulan Mei ini, sejumlah bank mulai meningkatkan tingkat suku bunga simpanan. PT Bank Central Asia (BCA) menaikkan bunga depositonya pada awal bulan ini sekitar 50bps menjadi 5%. Adapun suku bunga deposito bank terbesar ketiga di Indonesia itu sebelumnya bergerak di level 3,75%-4%.

Kemudian PT Bank Danamon Indonesia mendorong peningkatan simpanan melalui produk tabungan premium FlexiMax. Apabila bunga tabungan biasa sebesar 1%-2,5% per tahun. Melalui produk tabungan premium itu, Danamon tawarkan bunga hingga 5%.

Product Management Head Bank Danamon Sonny mengatakan perseroan menaikkan suku bunga selaras dengan kenaikan yang terjadi di pasar. "Apabila suku bunga di pasar mulai naik, ya pricing kami direview kembali," tuturnya. (Daniel Wesly Rudolf)


Editor: Rina Garmina

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions