Minggu, 26 Mei 2013

Home » Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com: Muhaimin desak Pemda beri perhatian pada sistem K3

,
Sumber Informasi Terpercaya | SINDOnews.com
// via fulltextrssfeed.com
Muhaimin desak Pemda beri perhatian pada sistem K3
May 26th 2013, 10:07

Muhaimin desak Pemda beri perhatian pada sistem K3

Izzudin

Minggu,  26 Mei 2013  −  17:07 WIB

Muhaimin desak Pemda beri perhatian pada sistem K3

ilustrasi/ist

Sindonews.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar meminta para pimpinan pemerintah daerah (Pemda) agar benar-benar memberikan perhatian khusus terhadap pelaksaaan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Menurutnya, selama ini perhatian dan kepedulian Pemda tehadap pelaksanaan sistem K3 di wilayahnya masing-masing dinilai masih rendah.

Berdasarkan pengukuran Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) Indonesia 2012, indikator kondisi lingkungan kerja hanya mencapai angka 3,71 (rendah) atau menurun dibanding 2011 5,02 (menengah ke bawah).
 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Pusat Perencanaan Tenaga Kerja Kemenakertrans, salah satu penyebab rendahnya indek IPK indikator  kondisi lingkungan kerja adalah kurangnya perhatian pemda terhadap indikator kepatuhan Wajib Lapor Ketenagakerjaan di perusahaan, penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dan jumlah kecelakaan kerja.
 
"Kita tidak ingin kasus semacam Freeport dan kasus pabrik kuali Tangerang terus terulang. Karena itu kita minta perhatian dan peranan Pemda terhadap pembangunan ketenagakerjaan di wilayahnya harus ditingkatkan," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/5/2013).
 
Dia mengatakan, untuk menanggulangi terjadinya kasus-kasus kecelakaan kerja, diperlukan upaya-upaya maksimal untuk meminimalisasi risiko dan mencegah penyebab-penyebab utama terjadinya kecelakaan kerja
 
Program sosialisasi K3 terus kita gencarkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman K3 dengan sasaran pimpinan Pemda, pengusaha dan para pekerja.

"Semua pihak harus menyamakan persepsi untuk mencegah kecelakaan kerja baik di lingkungan tempat kerja, di jalan maupun di luar tempat kerja lainnya," ujarnya.

(izz)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions