Jumat, 24 Mei 2013

Home » Tempo.co News Site: Agus Marto Dilantik Gubernur Bank Sentral Hari Ini

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Agus Marto Dilantik Gubernur Bank Sentral Hari Ini
May 24th 2013, 02:06

Agus Marto Dilantik Gubernur Bank Sentral Hari Ini

Calon Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengikuti Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/4). DPR mengesahkan Agus Martowardojo menjadi calon Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018 menggantikan Darmin Nasution. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengucapkan sumpah di hadapan Ketua Mahkamah Agung sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018 di Ruang Kusumah Atmadja Gedung MA pukul 10.00 WIB Jumat, 24 Mei 2013. Wakil Presiden Boediono direncanakan hadir dalam seremoni pelantikan.

Pelantikan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 45/P Tahun 2013. Keputusan Presiden terbit setelah Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui usulan Presiden menyodorkan Agus sebagai calon tunggal Gubernur Bank Sentral. 

Agus pernah gagal dalam pencalonan Gubernur Bank Sentral periode sebelumnya. Ia kalah oleh Darmin Nasution yang saat ini digantinya. Dalam masa kepemimpinannya sebagai Menteri Keuangan, Agus kerap berdebat keras dengan anggota DPR. Salah satunya mengenai pembelian saham divestasi perusahaan tambang PT Newmont. Rencana pembelian ini masih mengambang.

Ketika menjabat menteri, Agus juga kerap berseberangan dalam pembangunan Jembatan Selat Sunda. Ia berselisih pendapat dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Hatta dan Djoko ingin negara menjamin biaya studi kelayakan yang dijalankan pemrakarsa.

Adapun Agus menolak karena rencana studi kelayakan belum mendetail dan berpotensi merugikan negara. Sejak menjabat Menkeu pada 2010 lalu, Agus dianugerahi Menteri Keuangan terbaik se-Asia Pasifik oleh Majalah The Banker.

Dalam menjalankan jabatan barunya, mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu diprediksi dihadapkan pada tantangan dominasi bank asing menjelang liberalisasi perbankan Asean 2020.

Akhir-akhir ini, perbankan Singapura dan Malaysia masih mendominasi ekspansi di Asean, seperti akuisisi 40 persen Danamon oleh DBS. Berbagai pihak menilai perbankan nasional harus siap masuk pasar bebas ASEAN 2020 di sektor perbankan.

MUHAMMAD MUHYIDDIN | AKBAR

Topik Terhangat:
Kisruh Kartu Jakarta Sehat |
Menkeu Baru | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah
Berita Terpopuler:
Skenario Tukar Kursi, Lobi Fathanah di Pesawat 

Calon KSAD Moeldoko Diingatkan 'Operasi Sajadah' 

Diajak Mesum, Gadis Bercadar Nekat Potong 'Burung' 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions