Rabu, 22 Mei 2013

Home » BISNIS.COM: PEMBIAYAAN PROYEK: PU & Kadin Bahas Pembentukan Bank Infrastruktur

,
BISNIS.COM
Bisnis Indonesia Online // via fulltextrssfeed.com
PEMBIAYAAN PROYEK: PU & Kadin Bahas Pembentukan Bank Infrastruktur
May 22nd 2013, 05:35

130522_infra-jalan.jpgBISNIS.COM, JAKARTA--Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Kamar Dagang Indonesia mendiskusikan perlunya keberadaan bank yang mempunyai tugas khusus untuk pembiayaan investasi infrastruktur jangka panjang.

Hal tersebut karena pembiayaan perbankan melalui perkreditan yang ada saat ini masih bersifat pinjaman komersil dengan periode singkat.

Menteri PU Djoko Kirmanto menarasikan sulitnya pencairan kredit perbankan untuk investasi tol Cikampek-Palimanan yang disebabkan oleh belum rampungnya proses pembebasan lahan. Padahal pada saat itu progres pembebasan lahan ruas tersebut sudah di atas 90%.

"Tanah walau sudah lebih dari 90%, Bank tidak mau kucurin (pinjaman kredit). Bank itu takut," ujarnya, Rabu (22/5).

Ketua Komite tetap Sarana dan Prasarana Kadin Bambang Soeroso mengungkapkan aspek pembiayaan merupakan salah satu (bottle neck) pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Padahal, menurutnya, dahulu Indonesia telah mempunyai bank yang menjalankan peran tersebut melalui Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

"Sekarang tidak ada, ini salah satu bottle neck yang harus Kadin dorong untuk kita pecahkan," sebutnya.

Untuk menindalanjutinya, Kadin mengaku akan bertemu dengan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia untuk mengusulkan pembentukan bank investasi infrastruktur tersebut. Keberadaannya sangat penting untuk mendorong pembangunan infrastruktur yang lebih cepat di Indonesia.

"Bank dengan tugas tersebut Malaysia sudah ada, China juga punya, bahkan Pakistan pun ada," ujarnya.

Dalam pertemuan selama satu jam tersebut, Menteri PU dan Kadin juga membicarakan beberapa kendala percepatan infrastruktur seperti regulasi dan proses pembebasan lahan. Untuk mencari solusi kendala tersebut, Kadin berencana mengadakan dialog nasional dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Rencananya minggu kedua bulan Juni, spirit kita untuk mencari solui hambatan dan persoalan yang ada sehingga diharapkan melahirnya konsesus bersama untuk percepatan infrastruktur," ujar Bambang. (bas)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions