Senin, 28 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Keluhan Para Pemudik yang Ditipu Perusahaan Bus

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
46% Will Die Broke!

Are You a Baby Boomer? 46% will die broke. Don't become a statistic! Get your FREE "Retirement Kit" Today AVOID this unfortunate fate. Instant download available!
From our sponsors
Keluhan Para Pemudik yang Ditipu Perusahaan Bus
Jul 28th 2014, 05:31, by Ilyas Istianur Praditya

Seorang kenek bus membantu penumpang memasukkan koper ke dalam bagasi, Jakarta, (24/7/14) (Liputan6.com/ Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Selain menggunakan kereta api dan pesawat, mudik Lebaran menggunakan moda transportasi bus masih menjadi pilihan bagi masyarakat saat ini. Tak jarang, situasi tersebut membuat para Perusahaan Otobus (PO) mengambil kesempatan dengan mencari keuntungan sebesar-besarnya.

Dwi (22), pria yang mudik menggunakan salah satu bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk jurusan Jakarta-Semarang ini merasa menjadi salah satu korban PO dalam mencari keuntungan tersebut.

Ada dua hal yang dirasa Dwi menyebabkan dirinya merasa ditipu. Pertama, persoalan harga tiket yang ia bayar untuk perjalanan Jakarta-Semarang dinilai terlalu mahal. Kedua, mengenai fasilitas yang ia dapatkan selama perjalanan.

"Soal tiket, harga tiket tidak rata-rata, ada yang dinaikkan, Saya dapat Rp 350 ribu tapi sebelah saya Rp 250 ribu, padahal dia ke Purwodadi," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com yang ditulis, Senin (28/7/2014).

Seperti diketahui, jarak antara Jakarta ke kota Purwodadi lebih panjang jika dibandingkan dengan jarak tempuh Jakarta ke Semarang.

Dengan harga yang dinilai terlalu mahal tersebut, dikatakan Dwi, tidak sesuai dengan fasilitas yang ia dapatkan selama perjalanan.

"Fasilitasnya buruk, kemarin ngomongnya eksekutif, ternyata cuma ekonomi AC, tempat duduknya 2-3, AC kadang dingin kadang panas, yang parah lagi, toilet dalamnya tidak ada airnya, jadi kalau ada yang masuk atau dibuka bau banget," ceritanya.

Hal serupa juga diceritakan Anton (28) sebagai pemudik menggunakan bus tujuan Yogyakarta. Tak beda dengan Dwi, Anton juga ketika membeli tiket dengan harga Rp 275 ribu dijanjikan akan mendapatkan fasilitas bus kelas VIP.

Namun pada kenyataannya tidak seperti itu. "Katanya VIP tapi saya dapat tempat duduk di tengah yang kursinya 3, kalau VIP kan kursinya 2-2," katanya.

Meski begitu dirinya mengaku juga sudah melayangkan protes kepada sopir dan kernet bus yang ditumpanginya tersebut, namun Anton mengatakan tak ada penjelasan yang masuk akal yang dikatakan sopir dan kernet itu.

"Ya mau gimana lagi, semua pada kepepet, daripada tidak dapet bus, soalnya sudah habis-habisan lagian juga demi ngejar waktu Lebaran di kampung halaman," pungkas dia. (Yas/Gdn)

(Arthur Gideon)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
rambutan4.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions