Senin, 28 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi Naik

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
At Home Yoga Retreat

Everything you need to enjoy a weekend yoga retreat in your own home!
From our sponsors
Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi Naik
Jul 28th 2014, 05:10

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah harga bahan pangan pokok pada hari pertama Lebaran mengalami kenaikan. Rata-rata kenaikan harga bahan pokok secara nasional mencapai 3 persen.

Berdasarkan pemantauan pasar kebutuhan pokok Kementerian Perdagangan, sejumlah barang yang mengalami kenaikan harga, antara lain daging ayam dan daging sapi. Hingga Ahad 27 Juli 2014 atau kemarin, harga daging ayam mencapai Rp 31.815 per kilogram atau naik 3 persen dari hari sebelumnya sebesar Rp 30.776 per kilogram.

Untuk daging sapi, pada Lebaran kali ini mencapai Rp 111.559 per kilogram secara nasional. Padahal hari sebelumnya, harga daging sapi masih di kisaran Rp 108.985 per kilogram.

Pedagang daging sapi di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Haji Basri mengaku kenaikan harga ini serempak terjadi beberapa hari sebelum Lebaran. Musababnya, kenaikan harga sudah terjadi di rumah potong. "Kami sebagai pedagang dan pembeli yang dirugikan," katanya kepada Ursula Florene dari Tempo.

Selain daging, kenaikan harga juga terjadi pada telur ayam. Namun kenaikannya tak begitu signifikan, hanya Rp 21.320 per kilogram dari sebelumnya Rp 21.186 per kilogram.

Bahan pokok di kelompok bumbu dapur juga ikut mengalami pergerakan. Terutama cabai merah besar, yang hari ini berada di kisaran Rp 22.119 per kilogram dari sebelumnya Rp 21.443 per kilogram. (Baca: H-1 Lebaran, Harga Daging Melambung)

Menurut Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan, kenaikan ini masih cenderung normal. Apalagi sebelumnya, harga cabai sempat anjlok akibat pasokan yang berlebih.

AYU PRIMA SANDI

Berita Lainnya:
H-1 Lebaran, Harga Daging Melambung
Jokowi Lebaran ke Rumah Megawati dan Surya Paloh
Anies Baswedan Pilih Kampus Ketimbang Jadi Menteri
Salat Ied, Jusuf Kalla Dapat Ceramah Ketua MK
Begini Jokowi dan Iriana Kencan di Waktu Luang

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions