Seorang pembeli memilih sendal dan sepatu anak saat berbelanja kebutuhan jelang Lebaran di Pasar Jatinegara, Jakarta, (5/8). Jelang Lebaran, sejumlah pusat perbelanjaan dipadati pengunjung, omset penjualan pakaian meningkat dari hari biasa. Tempo/Dian Triyuli Handoko
TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah pusat perbelanjaan di DKI Jakarta akan memanfaatkan akhir pekan terakhir sebelum Lebaran dengan menggelar midnight sale. Penjualan secara jor-joran ini rencananya untuk meraup penjualan yang lebih tinggi dibandingkan hari biasa.
"Tentunya pelaksanaan midnight sale akan meningkatkan penjualan peritel," kata Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia, DKI Jakarta, Ellen Hidayat saat dihubungi Tempo, akhir pekan lalu. (Baca:Jelang Lebaran, Mal Gelar Midnite Sale Lagi)
Hanya saja, kenaikan omzet diperkirakan tak akan terlalu besar. Menurut Ellen, meraup peningkatan penjualan sebesar 20 persen saja sudah bagus. "Soalnya momen Lebaran ini bersamaan dengan momen anak masuk sekolah," ujarnya. (baca:Pengunjung Harapkan Enam Kali Midnight Sale Setahun)
Artinya, meskipun memiliki pengeluaran rutin untuk merayakan Idul Fitri, banyak masyarakat yang tentunya juga telah menaglokasikan uangnya untuk biaya sekolah sang anak. "Sebenarnya ini bagi retailer gak enak, karena liburannya jadi satu, Lebaran bersamaan dengan masuk sekolah."
Ditambah lagi, belakangan trafik lalu lintas juga sangat padat. Akibatnya, animo masyarakat untuk berbelanja ke pusat-pusat belanja di tengah kota cenderung berkurang. Ia memprediksi, sejumlah mal yang berada di pinggiran kota, seperti Emporium Pluit dan Central Park akan menjadi tujuan para pembeli.
AYU PRIMA SANDI
Terpopuler:
Milisi Penembak MH17: Kami Menembak Mayat
Isi Kargo MH17, Surat Diplomatik sampai Suku Cadang Helikopter
Diultimatum ISIS, Umat Kristen Tinggalkan Mosul
Milisi Diduga Incar Pesawat Putin, Bukan MH17
Jembatan Comal Amblas, Jalur Alternatif Molor 30Km