Rabu, 23 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Eksplorasi Minyak, Gubernur NTT Pikirkan Paus

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Web design for beginners/

In this course, we cover many aspects of creating content for the web, from concept to production.
From our sponsors
Eksplorasi Minyak, Gubernur NTT Pikirkan Paus
Jul 23rd 2014, 05:03

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan semula ada rencana pencarian minyak di perairan Timor tengah bagian selatan. Ia menyebut ada kesulitan dalam rencana eksplorasi lantaran wilayah itu merupakan jalur atau habitat ikan paus. "Kalau kami bikin seismik, nanti menimbulkan ledakan dan bisa membuat paus tuli," ujarnya, Selasa, 22 Juli 2014. (Baca: JK Sebut Mafia Minyak Halangi Pembangunan Kilang)

Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia Mamit Setiawan menuturkan aktivitas seismik memang bisa mengganggu habitat di laut. Sebab, ada sonar yang memantulkan gelombang kepada alat penerima di dalam laut. Gelombang ini bersifat radioaktif dan bisa mengganggu hewan. "Jadi memang cukup membingungkan," katanya.

Masalahnya, ujar Mamit, sulit untuk mengganti seismik. Aktivitas itu berguna sebagai data awal untuk mengetahui potensi minyak yang ada. Bisa saja digunakan satelit, tapi belum tentu biayanya lebih murah.

Tahapan ekplorasi minyak di laut, menurut Mamit, sama dengan di darat. Seusai seismik, pengeboran wild cat dilakukan. Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, wild cat merupakan lokasi yang dibor, walaupun belum terbukti mengandung minyak. Namun, berdasarkan pertimbangan geologis, lokasi tersebut diharapkan mengandung akumulasi hidrokarbon. Pengeboran itu bisa memunculkan data riil kondisi di area tersebut. Jika pemerhati lingkungan tidak mengajukan protes, kegiatan eksplorasi di perairan NTT bisa diteruskan.

MARIA YUNIAR

Berita lain:
Indeks Saham Anjlok karena Pernyataan Prabowo
Rakyat Merdeka Rambah Bisnis Properti
Rupiah Keok Terpukul Efek Prabowo

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions