Selasa, 22 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Pengumuman Presiden Baru Ricuh, Rupiah Bisa Terbang ke 12.000

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Did Your Annuity Earn 8%?

46% of American's Die Broke. Don't become a statistic! Make your money work smarter, get your FREE Retirement Kit Today! Click Here Now. Get returns up to 8%!
From our sponsors
Pengumuman Presiden Baru Ricuh, Rupiah Bisa Terbang ke 12.000
Jul 22nd 2014, 03:45, by Siska Amelie F Deil

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang detik-detik pengumuman presiden baru oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sore ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS cenderung bergerak menguat.

Sayangnya, Analis Bank Mandiri Reny Eka Putri memprediksi rupiah bisa merosot parah hingga ke level 12.000 per dolar AS jika pengumuman presiden disusul aksi protes atau ricuh dari kubu yang kalah.

Mengutip data valuta asing (valas) Bloomberg, Selasa (22/7/2014), nilai tukar rupiah sempat menyentuh level 11.505 per dolar AS pada perdagangan pukul 8:40 waktu Jakarta. Rupiah juga sempat berfluktuasi melemah hingga ke level 11.615 per dolar AS meski akhirnya kembali bergerak menguat.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI), juga menunjukkan rupiah berhasil menguat 46 poin ke level 11.531 per dolar AS. Pada perdagangan sebelumnya, nilai tukar rupiah bergerak di kisaran 11.577 per dolar AS.

Respons masyarakat terhadap pengumuman presiden terpilih sore ini akan menjadi faktor penentu pergerakan rupiah selama beberapa hari ke depan.

Menurut Reny, rupiah tidak akan menunjukkan pergerakan signifikan jika pengumuman KPU sore ini berlangsung aman. Sebaliknya, aksi protes dan kericuhan dari masing-masing kubu dapat membuat pasar bergejolak dan berimbas pada pergerakan nilai tukar rupiah.

"Jika pengumuman KPU diikuti aksi protes dan ricuh yang membuat asing ramai-ramai menarik dananya keluar dalam jumlah besar dan cepat, rupiah dapat anjlok hingga kebali ke level 12.000 per dolar AS," terangnya saat berbincang dengan Liputan6.com.

Lebih lanjut dia menjelaskan, tanpa kerusuhan dan aksi protes rupiah dapat bertahan di kisaran 11.510-11.705 per dolar AS.

Meski demikian, dia menegaskan, pergerakan rupiah sebelum dan paska pengumuman pilpres tak akan berlangsung lama. Setelahnya, pasar diproyeksikan kembali bergerak normal.

"Itu sudah biasa setiap kali pemilu, pengaruhnya itu H-3 dan H+3," tandasnya. (Sis/Nrm)

(Nurmayanti)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions