Sabtu, 19 Juli 2014

Home » Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia: Bursa Saham Rusia Terus Merosot Usai Kecelakaan MH17

,
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia 
Did Your Annuity Earn 8%?

46% of American's Die Broke. Don't become a statistic! Make your money work smarter, get your FREE Retirement Kit Today! Click Here Now. Get returns up to 8%!
From our sponsors
Bursa Saham Rusia Terus Merosot Usai Kecelakaan MH17
Jul 19th 2014, 09:15, by Siska Amelie F Deil

Pasar saham Amerika Serikat (AS) rebound dari aksi jual dalam dua hari.

Liputan6.com, Moskow -  

Bursa saham Rusia terus merosot sejak Jumat pagi waktu setempat seiring dengan aksi jual para investor. Jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17 di zona perang Ukraina membuat sejumlah aset yang dibenamkan di pasar-pasar keuangan Rusia semakin berisiko.

Mengutip laman CNBC, Sabtu (19/7/2014), indeks saham MICEX Rusia dibuka melemah sekitar 1,7 persen dan dijual 1,6 persen lebih rendah pada perdagangan pukul 01:00 waktu London.

Saham-saham Conglomerate Sistema mengalami penurunan terlebih dulu sebesar 3 persen disusul maskapai Aeroflot yang juga diperjualbelikan sebesar 2,9 persen. Saham-saham utama di bursa Rusia juga tercatat mengalami tekanan parah seperti Gazprom, Lukoil dan Sberbank.

Indeks saham gabungan di bursa Rusia tercatat merosot sebesar 5 persen, meskipun koreksi terparah sempat terjadi pada Maret sebesar 10 persen saat pihaknya pertama kali menginvasi Ukraina. Indeks saham Moskow, RTS juga terus melanjutkan penurunan hingga sebesar 2,7 persen setelah kabar jatuhnya pesawat Malaysia tersebar.

Analis mata uang di BNY Mellon Neil Mellor mengaku tidak terkejut dengan ambruknya indeks saham MICEX dan mata uang rusia, rubel. Pasalnya sejumlah sanksi ekonomi yang dijatuhkan pada Rusia ditambah dengan ketidakpastian di pasar usai penembakan pesawat MH13 diprediksi dapat membuat pasar sahamnya bergejolak.

"Meskipun risiko geopolitik semakin parah dan pengenaan sanksi berat pada ekonomi Rusia semakin berat, pasar malah beralih fokus dari investasi mata uang dan saham. Para investor lebih memilih minyak dan emas yang akan semakin stabil ke depannya, " ungkap Mellor.

Penyerangan terhadap MAS terjadi usai Eropa dan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi tambahan pada Rusia sejak perebutan Crimea beberapa bulan lalu.

Sementara di Asia, saham Malaysia Airlines System (MAS) juga anjlok sebesar 15 persen hanya dalam sehari. Sementara indeks-indeks saham lainnya di bursa saham Malaysia juga tercatat merosot.(Sia/Nrm)

(Nurmayanti)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
saham.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions