Minggu, 20 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Keuangan Malaysia Airlines Makin Terpuruk

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Price starts from $55

Get 20% discount this month using summer20code!
From our sponsors
Keuangan Malaysia Airlines Makin Terpuruk
Jul 20th 2014, 00:07

Keuangan Malaysia Airlines Makin Terpuruk

Pesawat jet Presiden Rusia Vladimir Putin (atas), pesawat Malaysia Airlines MH17 (bawah). wikipedia.org, Fred Neeleman/AFP/Getty Images

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Jatuhnya pesawat MH17 karena penembakan rudal di Ukraina, perbatasan Rusia, menambah preseden buruk bagi keuangan maskapai Malaysia Airlines. Dalam semester pertama, telah terjadi dua kecelakaan pesawat besar yang menewaskan ratusan penumpangnya.

Kecelakaan ini menambah panjang daftar pertanyaan tentang keberlanjutan bisnis perusahaan setelah kerugian besar pasca-kecelakaan MH370 di Samudera Hindia. Pada kuartal pertama tahun ini, Malaysia Airline dilaporkan merugi sekitar 443 juta ringgit, atau setara Rp 1,62 triliun. (baca:Serang Rusia, Ukraina Rilis Foto Bayi Korban MH17)

Tahun lalu, Quartz mencatat keuangan Malaysia Airlines merugi US$ 359 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun, dan berturut-turut menerima rapot merah dalam lima kuartal. Mereka dinilai gagal dalam strategi menurunkan harga tiket penerbangan. Sentimen negatif ini tak hanya membawa dampak buruk bagi Malaysia Airlines saja, tetapi bagi maskapai berbiaya hemat lainnya. "MH370 memperburuk situasi yang sudah sulit dan membuat Malaysia Airlines untuk bangkit tanpa perubahan besar," kata analis maskapai CAPA pada Mei lalu. (baca:Investigator Belum Bisa Masuk Lokasi Jatuhnya MH17)

Tak sampai di situ, ini juga menjadi peringatan bagi pemerintah Malaysia karena 69 persen saham maskapai ini adalah milik pemerintah melalui Khazanah Nasional. Banyak investor dan pejabat pemerintah yang mulai mencabut investasi, bahkan sebelum terjadinya dua kecelakaan ini. (Baca juga:Milisi Diduga Incar Pesawat Putin, Bukan MH17 )

Setelah tragedi MH370, tak terhitung berapa banyak penumpang yang enggan memilih Malaysia Airline. Padahal, tahun ini Malaysia Airline sedang berjuang untuk bangkit setelah keuangannya sempat terpuruk tahun lalu. (baca:Nenek PM Malaysia Najib Razak Jadi Korban MH17)

Bahkan, akibat tragedi terakhir di Ukraina, Malaysia Airlines mengimbau penumpang untuk menunda atau membatalkan pemesanan tiket. Sebagai konsekuensinya, maskapai ini juga menawarkan pengembalian 100 persen harga tiket, termasuk untuk tiket yang sebenarnya tidak bisa dikembalikan.

PUTRI ADITYOWATI | QUARTZ

Terpopuler:
Milisi Penembak MH17: Kami Menembak Mayat
Isi Kargo MH17, Surat Diplomatik sampai Suku Cadang Helikopter
Diultimatum ISIS, Umat Kristen Tinggalkan Mosul
Milisi Diduga Incar Pesawat Putin, Bukan MH17

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions