Minggu, 20 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Jembatan Comal Amblas, Kapal Roro Dikerahkan

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Price starts from $55

Get 20% discount this month using summer20code!
From our sponsors
Jembatan Comal Amblas, Kapal Roro Dikerahkan
Jul 20th 2014, 02:30

Jembatan Comal Amblas, Kapal Roro Dikerahkan  

Perbaikan jembatan yang amblas di jalur pantura Comal, Pemalang, Jawa Tengah, 18 Juli 2014. Perbaikan ditargetkan selesai pada H-3 Lebaran. ANTARA/Oky Lukmansyah

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan tengah berdiskusi dengan Asosiasi Logistik Indonesia dan Organisasi Angkutan Darat untuk menyediakan jembatan laut dengan rute Kendal-Tegal. Jembatan laut itu diperlukan untuk mengatasi lumpuhnya jalur Pantai Utara Jawa setelah jembatan Comal di Pemalang amblas sehingga tak bisa dilalui kendaraan sama sekali sejak Kamis lalu.

Menurut Bambang, Kementerian Perhubungan akan menyediakan dua kapal roll on roll off (roro) jika pengusaha logistik membutuhkannya guna memecah kebuntuan lalu lintas di jalur Pantura. "Kalau tidak ada permintaan, ya, tak kami sediakan. Mubazir, kan," ujar Bambang di Hotel Blue Sky, Jakarta, Sabtu malam, 19 Juli 2014. (Baca: Kamis, Jembatan Comal Bisa Dilintasi)

Bambang menuturkan pengiriman barang bisa saja sudah tak dilakukan pada H-4 Lebaran. Karena itu, harus dipastikan adanya permintaan dari para stakeholder.

Dua kapal roro tersebut akan disiapkan masing-masing satu dari Kendal dan Tegal. "Frekuensinya harus kami pastikan dulu, disesuaikan dengan permintaan yang ada, termasuk waktu beroperasinya," ujarnya. (Baca: Jembatan Comal Amblas, Jalur Selatan Padat)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dibutuhkan tiga jalur alternatif bagi pemudik yang akan melintasi jalur Pantura wilayah Pemalang dan Pekalongan setelah jembatan Comal di Kabupaten Pemalang amblas Kamis malam. Dengan demikian, ketika di jalur alternatif pertama terjadi penumpukan arus, pemudik bisa segera dialihkan ke jalur alternatif kedua dan ketiga. "Untuk jalur alternatif, kepolisian bekerja sama dengan Dinas Perhubungan," tutur Ganjar.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Mursito mengatakan saat ini sedang dilakukan pengerukan untuk melihat pondasi jembatan. Pengerukan dilakukan sembari menunggu mobilisasi rangka jembatan darurat yang akan datang dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V, Surabaya. "Penanganan tersebut akan memakan waktu kurang-lebih selama lima hari mendatang dan bisa dimanfaatkan untuk lalu lintas, terutama menghadapi mudik Lebaran," ujar Djoko di Jakarta, Jumat, 18 Juli 2014. (Baca: Jembatan Comal Amblas, Jalur Pantura Lumpuh Total )

TRI ARTINING PUTRI | DINDA LEO LISTY

Terpopuler:
Milisi Penembak MH17: Kami Menembak Mayat
Isi Kargo MH17, Surat Diplomatik sampai Suku Cadang Helikopter
Diultimatum ISIS, Umat Kristen Tinggalkan Mosul
Milisi Diduga Incar Pesawat Putin, Bukan MH17
Jembatan Comal Amblas, Jalur Alternatif Molor 30Km

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions