Minggu, 13 Juli 2014

Home » Sindikasi economy.okezone.com: Volume Ekspor Karet Turun 7,64% di Sumut

,
Sindikasi economy.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Economy 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Volume Ekspor Karet Turun 7,64% di Sumut
Jul 13th 2014, 00:20

Minggu, 13 Juli 2014 07:20 wib | Akbar Dongoran - Okezone

Volume Ekspor Karet Turun 7,64% di Sumut (Ilustrasi: Okezone)Volume Ekspor Karet Turun 7,64% di Sumut (Ilustrasi: Okezone) MEDAN - Volume ekspor karet Sumatera Utara mengalami penurunan cukup signifikan. Tercatat sejak Januari hingga akhir Juni lalu, realisasinya hanya sekitar 234.048 ribu ton.

Jumlah itu menurun sekitar 19.370 ribu ton, atau sekitar 7,64 persen dibandingkan periode Januari-Juni 2013, yang telah mencapai 253,418 ribu ton.

Sekretaris Eksekutif Gabungan Kelapa Sawit Indonesia (Gapkindo) Sumatera Utara, Edy Irwansyah mengatakan, penurunan realisasi ekspor karet Sumut ini, utamanya didorong melemahnya permintaan pasar, yang diikuti dengan penurunan harga karet di pasar internasional

Kondisi itu diakui Edy sudah diantisipasi melalui penahan ekspor oleh sejumlah eksportir, namun nyatanya langkah tersebut tak mampu membendung penurunan harga karet.

"Permintaan dari Jepang, China, dan Amerika Serikat memang menurun, makanya harga jadi murah. Sementara negara produsen karet belum kompak melakukan pengetatan, sehingga harga tak kunjung membaik. Kalau kita konsisten menekan ekspor hingga 10 persen tahun ini," ujar Edy kepada Okezone.

Edy mengaku, menurunnya ekspor juga didorong oleh menurunnya produksi petani. Dimana karena harga yang rendah, banyak petani yang berhenti menyadap karetnya.

"Perusahaan perkebunan karet pada tingkat harga saat ini telah merugi karena harga jual sudah di bawah harga modal. Saat ini harga karet kering per kg kurang dari Rp 18.000," ujarnya. (rzy)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions